1.980 Calon Penerima KDS RTLH Kota Depok Lolos Verifikasi

“Targetnya seluruh pembangunan KDS RTLH rampung pada Desember 2023. Kami optimistis bisa selesai tepat waktu,”

DEPOK – Sebanyak 1.980 calon penerima Kartu Depok Sejahtera (KDS) Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Depok sudah melalui proses verifikasi dan dinyatakan lolos.

Sedangkan 231 unit RTLH lainnya tidak lolos dikarenakan berbagai faktor.

Bacaan Lainnya

“Proses verifikasi sudah berakhir sejak September 2023. Dari 2.211 calon penerima KDS RTLH yang diusulkan, 1.980 di antaranya lolos verifikasi dan 231 lainnya gagal atau tidak memenuhi syarat untuk dilakukan renovasi,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Dadan Rustandi, Selasa (07/11/23).

Dikatakannya, tidak lolosnya ratusan unit rumah tersebut diakibatkan beberapa faktor. Di antaranya, sudah dapat bantuan sejenis selama tiga tahun terakhir, kemudian sudah direnovasi secara mandiri atau sudah layak huni.

“Ada juga kasusnya rumah sudah dijual atau pindah tangan. Lalu, tidak sedikit juga calon penerima yang menolak bantuan KDS RTLH ini,” ujarnya.

“Faktor terakhir yaitu terbukti, bukan rumah pertama atau pemilik memiliki rumah lainnya yang masih layak huni,” ungkapnya.

Dadan menjelaskan, saat ini sebagian besar KDS RTLH sedang dilakukan renovasi. Masih ada tiga kecamatan terakhir yang sedang proses pencairan. Antara lain Sukmajaya, Cimanggis dan Beji.

“Targetnya seluruh pembangunan KDS RTLH rampung pada Desember 2023. Kami optimistis bisa selesai tepat waktu,” tutupnya.

Pos terkait