40 Jurnalis Terbunuh Selama Serangan Israel, Ini Nama-namanya!

GAZAPALESTINA – Agresi Militer Israel ke Gaza telah menimbulkan banyak korban jiwa bagi para jurnalis sejak Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada tanggal 7 Oktober dan Israel menyatakan perang terhadap Palestina, melancarkan serangan terhadap Jalur Gaza yang diblokade.

Comittee to Protect Journalist (CPJ) sedang menyelidiki semua laporan mengenai jurnalis dan pekerja media yang terbunuh, terluka, atau hilang dalam perang tersebut, yang merupakan bulan paling mematikan bagi jurnalis sejak CPJ mulai mengumpulkan data pada tahun 1992.

Bacaan Lainnya

Pada 12 November, penyelidikan awal CPJ menunjukkan setidaknya 40 jurnalis dan pekerja media termasuk di antara lebih dari 12.000 orang yang terbunuh sejak perang dimulai pada 7 Oktober—dengan lebih dari 11.070 warga Palestina tewas di Gaza dan Tepi Barat serta 1.200 tewas di Israel.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan kepada Reuters dan kantor berita Agence France Press bahwa mereka tidak dapat menjamin keselamatan jurnalis mereka yang beroperasi di Jalur Gaza, setelah mereka mencari jaminan bahwa jurnalis mereka tidak akan menjadi sasaran serangan Israel, Reuters melaporkan pada 27 Oktober.

Jurnalis di Gaza menghadapi risiko yang sangat tinggi ketika mereka mencoba meliput konflik dalam menghadapi serangan darat Israel di Kota Gaza, serangan udara Israel yang menghancurkan, gangguan komunikasi, dan pemadaman listrik yang luas.

Data hingga 12 November:

  • 40 jurnalis dan pekerja media dipastikan tewas: 35 warga Palestina, 4 warga Israel, dan 1 warga Lebanon.
  • 8 jurnalis dilaporkan terluka.
  • 3 jurnalis dilaporkan hilang.
  • 13 jurnalis dilaporkan ditangkap.
  • Berbagai penyerangan, ancaman, serangan siber, sensor, dan pembunuhan anggota keluarga.

CPJ juga menyelidiki sejumlah laporan yang belum dapat dikonfirmasi mengenai jurnalis lain yang terbunuh, hilang, ditahan, disakiti, atau diancam, dan mengenai kerusakan pada kantor media dan rumah jurnalis.

“CPJ menekankan bahwa jurnalis adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting selama masa krisis dan tidak boleh menjadi sasaran pihak-pihak yang bertikai,” kata Sherif Mansour, koordinator program CPJ di Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Jurnalis di seluruh kawasan melakukan pengorbanan besar untuk meliput konflik yang memilukan ini. Masyarakat di Gaza, khususnya, telah menanggung dan terus menanggung kerugian yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menghadapi ancaman yang sangat besar. Banyak di antara mereka yang kehilangan rekan kerja, keluarga, dan fasilitas media, serta melarikan diri untuk mencari keselamatan ketika tidak ada tempat berlindung atau jalan keluar yang aman,” lanjutnya.

Daftar yang dipublikasikan di sini mencakup nama-nama berdasarkan informasi yang diperoleh dari sumber CPJ di wilayah tersebut dan pemberitaan media. Ini mencakup semua jurnalis yang terlibat dalam aktivitas pengumpulan berita. Tidak jelas apakah semua jurnalis tersebut sedang meliput konflik pada saat kematian mereka, namun CPJ telah memasukkan mereka ke dalam daftar kami saat kami menyelidiki keadaan mereka. Daftar ini diperbarui secara berkala.

Jurnalis terbunuh:

10 November 2023

Ahmed Al-Qara

Al-Qara, seorang jurnalis foto yang bekerja di Universitas Al-Aqsa dan juga pekerja lepas, tewas dalam serangan di pintu masuk kota Khuza’a, sebelah timur kota selatan Khan Yunis, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan surat kabar Al-Dostor yang berbasis di Kairo.

7 November 2023

Yahya Abu Manih

Abu Manih, seorang jurnalis saluran radio Al-Aqsa, tewas dalam serangan di Jalur Gaza, menurut kantor berita yang berbasis di Amman, Roya News, Al-Jazeera, dan kelompok kebebasan pers SKeyes yang berbasis di Beirut.

Mohamed Abu Hassira

Abu Hassira, seorang jurnalis untuk kantor berita Wafa yang dikelola Otoritas Palestina, tewas dalam serangan di rumahnya di Gaza bersama dengan 42 anggota keluarganya, menurut kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa, situs berita yang berbasis di London, The New Arab , dan Sindikat Jurnalis Palestina.

5 November 2023

Mohamed Al Jaja

Al Jaja adalah pekerja media dan konsultan pengembangan organisasi di Press House-Palestina, yang memiliki kantor berita Sawa di Gaza dan mempromosikan kebebasan pers dan media independen. Dia terbunuh dalam serangan di rumahnya bersama istri dan dua putrinya di lingkungan Al-Naser di Gaza utara, menurut situs berita yang berbasis di London The New Arab, kelompok kebebasan pers SKeyes yang berbasis di Beirut, dan Palestina. Sindikat Jurnalis.

2 November 2023

Muhammad Abu Hatab

Seorang jurnalis dan koresponden untuk stasiun televisi Palestine TV yang didanai Otoritas Palestina, Abu Hatab tewas bersama 11 anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di rumah mereka di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, menurut kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa dan kantor berita yang berbasis di Amman, Roya News.

1 November 2023

Majd Fadl Arandas

Sebagai anggota Sindikat Jurnalis Palestina yang bekerja untuk situs berita Al-Jamaheer, Arandas tewas dalam serangan udara Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan kelompok kebebasan pers yang berbasis di Beirut mata SK.

Iyad Matar

Matar, seorang jurnalis yang bekerja untuk TV Al-Aqsa, tewas bersama ibunya dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza, menurut kantor berita yang berbasis di Amman, Roya News dan saluran lokal Palestine Today.

31 Oktober 2023

Imad Al-Wahidi

Seorang pekerja media dan administrator saluran TV Palestina yang dikelola Otoritas Palestina, Al-Wahidi terbunuh bersama anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh saluran tersebut, kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa, dan Sindikat Jurnalis Palestina.

Majed Kashko

Kashko, seorang pekerja media dan direktur kantor saluran TV Palestina yang dikelola Otoritas Palestina, tewas bersama anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh saluran tersebut, kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa , dan Sindikat Jurnalis Palestina.

30 Oktober 2023

Nazmi Al-Nadim

Al-Nadim, wakil direktur keuangan dan administrasi TV Palestina, tewas bersama anggota keluarganya dalam serangan di rumahnya di daerah Zeitoun, Gaza timur, menurut kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa dan Middle yang dikelola pemerintah Mesir. Kantor Berita Timur.

27 Oktober 2023

Yasser Abu Namous

Jurnalis Palestina Yasser Abu Namous dari organisasi media Al-Sahel tewas dalam serangan di rumah keluarganya di Khan Yunis, Gaza, menurut kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa, Al-Jazeera, dan jaringan Al-Quds.

26 Oktober 2023

Dua Sharaf

Jurnalis Palestina Sharaf, pembawa acara Radio Al-Aqsa, tewas bersama anaknya dalam serangan di rumahnya di lingkungan Yarmouk di Gaza, menurut Anadolu Agency dan Middle East Monitor.

25 Oktober 2023

Saed Al-Halabi

Al-Halabi, seorang jurnalis TV Al-Aqsa, tewas dalam serangan udara Israel di kamp pengungsi Jabalia di Jalur Gaza utara, menurut Sindikat Jurnalis Palestina, kelompok kebebasan pers Palestina MADA, dan Al -Jazeera.

Ahmed Abu Mhadi

Seorang jurnalis untuk TV Al-Aqsa, Mhadi tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan Youm7.

Salma Mkhaimer

Mkhaimer, seorang jurnalis lepas, tewas bersama anaknya dalam serangan udara Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan surat kabar online independen Mesir, Mada Masr.

23 Oktober 2023

Muhammad Imad Labad

Seorang jurnalis untuk situs berita Al Resalah, Labad tewas dalam serangan udara Israel di lingkungan Sheikh Radwan di Kota Gaza, menurut RT Arab dan kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa.

22 Oktober 2023

Muhammad Imad Labad

Seorang jurnalis untuk situs berita Al Resalah, Labad tewas dalam serangan udara Israel di lingkungan Sheikh Radwan di Kota Gaza, menurut RT Arab dan kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa.

22 Oktober 2023

Roshdi Sarraj

Seorang jurnalis dan salah satu pendiri Ain Media, sebuah perusahaan Palestina yang berspesialisasi dalam layanan media profesional, Sarraj tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza, menurut kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa dan Sky News.

20 Oktober 2023

Roee Idan

Pada tanggal 20 Oktober, jurnalis Israel Idan dinyatakan meninggal setelah tubuhnya ditemukan, menurut The Times of Israel dan Federasi Jurnalis Internasional. Idan, seorang fotografer untuk surat kabar Israel Ynet.

Muhammad Ali

Seorang jurnalis dari Radio Al-Shabab (Radio Pemuda), Ali tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza utara, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan surat kabar Al-Dostor yang berbasis di Kairo.

19 Oktober 2023

Khalil Abu Aathra

Seorang videografer untuk TV Al-Aqsa, Abu Aathra tewas bersama saudaranya dalam serangan udara Israel di Rafah di Jalur Gaza selatan, seperti yang dilaporkan oleh Sindikat Jurnalis Palestina dan kantor berita yang berbasis di Amman, Roya News.

18 Oktober 2023

Sameeh Al-Nady

Seorang jurnalis dan direktur TV Al-Aqsa, Al-Nady tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan kantor pers Palestina Safa.

17 Oktober 2023

Mohammad Balousha

Balousha, seorang jurnalis dan manajer administrasi dan keuangan kantor saluran media lokal “Palestine Today” di Gaza, tewas dalam serangan udara Israel di lingkungan Al-Saftawi di utara Gaza, lapor Anadolu Agency dan The Guardian.

Isam Bhar

Bhar, seorang jurnalis TV Al-Aqsa, tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza utara, menurut TRT Arabia dan surat kabar berbahasa Arab yang berbasis di Kairo, Shorouk News.

16 Oktober 2023

Abdulhadi Habib

Seorang jurnalis yang bekerja untuk Kantor Berita Al-Manara dan Kantor Berita HQ, Habib terbunuh bersama beberapa anggota keluarganya ketika serangan rudal menghantam rumahnya di dekat lingkungan Zeitoun, selatan Kota Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan organisasi berita independen Palestina, International Middle East Media Center.

14 Oktober 2023

Yousef Maher Dawas

Dawas, seorang penulis kontributor untuk Palestine Chronicle dan penulis untuk We Are Not Numbers (WANN), sebuah proyek nirlaba Palestina yang dipimpin oleh pemuda, tewas dalam serangan rudal Israel terhadap rumah keluarganya di kota Beit Lahia di Jalur Gaza utara, menurut ke WANN dan Palestine Chronicle.

13 Oktober 2023

Salam Mema

Meninggalnya Mema, seorang jurnalis lepas, dikonfirmasi pada tanggal tersebut. Mema menjabat sebagai ketua Komite Jurnalis Perempuan di Majelis Media Palestina, sebuah organisasi yang berkomitmen untuk memajukan kerja media bagi jurnalis Palestina. Jenazahnya ditemukan dari reruntuhan tiga hari setelah rumahnya di kamp pengungsi Jabalia, yang terletak di Jalur Gaza utara, terkena serangan udara Israel pada 10 Oktober, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa .

Husam Mubarak

Mubarak, seorang jurnalis Radio Al Aqsa, tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza utara, menurut kelompok kebebasan pers Skeyes dan Sindikat Jurnalis Palestina yang berbasis di Beirut.

Isam Abdullah

Abdallah, seorang videografer yang berbasis di Beirut untuk kantor berita Reuters, terbunuh di dekat perbatasan Lebanon akibat tembakan yang datang dari arah Israel. Abdallah dan beberapa jurnalis lainnya meliput penembakan bolak-balik di dekat Alma Al-Shaab di Lebanon selatan antara pasukan Israel dan kelompok militan Hizbullah Lebanon.

12 Oktober 2023

Ahmed Shehab

Seorang jurnalis untuk Radio Sowt Al-Asra (Radio Suara Para Tahanan), Shehab, bersama istri dan tiga anaknya, tewas dalam serangan udara Israel di rumahnya di Jabalia, di Jalur Gaza utara, menurut Jurnalis Palestina. Syndicate, kelompok kebebasan pers Palestina MADA, dan situs berita yang berbasis di London, The New Arab.

11 Oktober 2023

Mohamed Fayez Abu Matar

Abu Matar, seorang jurnalis foto lepas, tewas dalam serangan udara Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa.

10 Oktober 2023

Saeed al-Taweel

Al-Taweel, pemimpin redaksi situs Al-Khamsa News, tewas ketika pesawat tempur Israel menyerang area yang menampung beberapa outlet media di distrik Rimal Kota Gaza, menurut surat kabar yang berbasis di Inggris, The Independent, Al Jazeera, dan kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa.

Muhammad Sobh

Sobh, seorang fotografer dari kantor berita Khabar, terbunuh ketika pesawat-pesawat tempur Israel menyerang sebuah kawasan yang menampung beberapa outlet media di distrik Rimal Kota Gaza, menurut surat kabar The Independent, Al Jazeera, dan kantor berita resmi Otoritas Palestina yang berbasis di Inggris, Wafa.

Hisyam Alnwajha

Alnwajha, seorang jurnalis kantor berita Khabar, terluka ketika pesawat tempur Israel menyerang kawasan yang menampung beberapa outlet media di distrik Rimal Kota Gaza, menurut surat kabar The Independent, Al Jazeera, dan kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa yang berbasis di Inggris.

Dia meninggal karena luka-lukanya pada hari itu juga, menurut kelompok kebebasan pers Palestina MADA, Sindikat Jurnalis Palestina, dan situs berita Palestina AlWatan Voice.

8 Oktober 2023

Assad Syamlakh

Shamlakh, seorang jurnalis lepas, tewas bersama sembilan anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di rumah mereka di Sheikh Ijlin, sebuah lingkungan di Jalur Gaza selatan, menurut kelompok advokasi The Legal Agenda dan BBC Arab yang berbasis di Beirut.

7 Oktober 2023

Regev Shai

Regev, yang menjabat sebagai editor untuk TMI, bagian berita gosip dan hiburan di surat kabar harian berbahasa Ibrani Maariv, terbunuh dalam serangan Hamas di festival musik Supernova di Israel selatan. Kematian Regev dikonfirmasi setelah dia dilaporkan hilang selama enam hari, menurut Maariv dan The Times of Israel.

Ayelet Arnin

Arnin, seorang editor berita berusia 22 tahun di Israel Broadcasting Corporation Kan, terbunuh dalam serangan Hamas di festival musik Supernova di Israel selatan, menurut situs web hiburan The Times of Israel dan The Wrap.

Yaniv Zohar

Zohar, seorang fotografer Israel yang bekerja untuk surat kabar harian berbahasa Ibrani Israel Hayom, terbunuh dalam serangan Hamas di Kibbutz Nahal Oz di Israel selatan, bersama istri dan dua putrinya, menurut Israel Hayom dan Israel National News. Pemimpin redaksi Israel Hayom, Omer Lachmanovitch, mengatakan kepada CPJ bahwa Zohar sedang mengerjakan hari itu.

Mohammad Al-Salhi

Al-Salhi, seorang jurnalis foto yang bekerja untuk kantor berita Otoritas Keempat, ditembak mati di dekat kamp pengungsi Palestina di Jalur Gaza tengah, menurut kantor berita resmi Otoritas Palestina Wafa, dan Komite Dukungan Jurnalis (JSC), sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan hak-hak media di Timur Tengah.

Mohammad Jarghoun

Jarghoun, seorang jurnalis Smart Media, ditembak ketika melaporkan konflik di daerah sebelah timur kota Rafah di selatan Jalur Gaza, menurut BBC dan UNESCO.

Ibrahim Muhammad Lafi

Lafi, seorang fotografer untuk Ain Media, ditembak dan dibunuh di Erez Crossing Jalur Gaza ke Israel, menurut kelompok kebebasan pers Palestina MADA, kelompok kebebasan pers SKeyes yang berbasis di Beirut, dan Al-Jazeera.

Jurnalis dilaporkan hilang

7 Oktober 2023

Oded Lifschitz

Lifschitz, seorang jurnalis Israel seumur hidup yang menulis untuk Al-Hamishmar selama bertahun-tahun dan juga merupakan kontributor Haaretz, dilaporkan hilang dari Kibbutz Nir Oz di Israel selatan. Istri Oded adalah salah satu dari dua sandera yang dibebaskan Hamas pada 24 Oktober 2023, menurut The Times of Israel dan The Telegraph.

Nidal Al-Wahidi

Seorang fotografer Palestina dari saluran Al-Najah, Al-Wahidi dilaporkan hilang oleh MADA. Belakangan, keluarga Al-Wahidi memberi tahu media bahwa jurnalis tersebut telah ditahan oleh tentara Israel.

Haitham Abdelwahid

Fotografer Palestina dari agensi Ain Media, Abdelwahid juga dilaporkan hilang oleh MADA.

Klarifikasi dan koreksi:

*Penelitian dan dokumentasi CPJ mencakup semua jurnalis, yang didefinisikan sebagai individu yang terlibat dalam aktivitas pengumpulan berita. Definisi ini mencakup mereka yang bekerja untuk berbagai media berita yang didanai publik dan swasta, serta pekerja lepas. CPJ tidak mendukung jurnalis yang melakukan pelanggaran hukum. Dalam kasus-kasus yang kami dokumentasikan, berbagai sumber hingga saat ini tidak menemukan bukti bahwa ada jurnalis yang terlibat dalam aktivitas militan.

Sumber: cpj.org

Pos terkait