Advocat Bambang Yuganto Law Firm dan Partners,Berikan Sosialisasi Hukum Secara Gratis

 

Kabartoday – Belitung – Sosialisasi hukum kepada masyarakat Desa Kembiri Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, tokoh masyarakat Belitung, di kantor ruang pertemuan Desa Kembiri kec. Membalong Tenjungpandan Belitung, Rabu (13/09/2023).

advokat Bambang Yuganto & Partners Law Firm berikan sosialisasi hukum secara gratis bagi masyarakat di Desa Kembiri, dihadiri puluhan masyarakat mulai dari tingkat RT, RW, Kadus, BPD, Kades dan Perangkat Desa. hadir juga tokoh masyarakat Kecamatan Membalong Agus Hero Planeto.

Narasumber kegiatan Bambang Yuganto SH. MH mengatakan, kegiatan sosialisasi hukum ini juga dalam rangka memberikan kontruksi hukum serta mencari fakta yang nantinya akan dilakukan analisis untuk disimpulkan dan disampaikan kepada masyarakat.

“Kami tidak ada niat untuk intervensi, kami menghormati proses hukum yang sedang berjalan terkait permasalahan masyarakat dengan perusahaan sawit di Membalong,” katanya.

“Kami hanya melakukan kontruksi hukum, mencari fakta dan melakukan investigasi terkait persoalan yang terjadi. Dimana kesimpulannya nanti akan kami sampaikan kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi Babel,” sambung Dosen Universitas

Menurutnya, aturan 20 persen plasma untuk masyarakat itu di atur dalam peraturan internal eksekutif. Artinya aturan itu tidak di buat antara eksekutif dan legislatif sehingga tidak untuk masyarakat umum hanya untuk kinerja mereka, istilahnya SPO.

“Sehingga peristiwa ini ruang lingkupnya bukan ke perdata tetapi lebih ke administrasi. Kami dengar kebun itu ada baru aturan itu ada. Jadi aturan itu tidak berlaku surut ini menurut sudut pandang saya secara spekulatif,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, hasil dari investigasi yang dilakukan akan di tuangkan dalam bentuk pendapat hukum dalam bentuk tulisan.

“Kita akan bentuk tim, hasil dari pencarian fakta dan investigasi dilapangan nanti akan kami sampaikan kepada masyarakat paling lama satu bulan,” tutup Dosen Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma tersebut.

Sementara Kepala Dusun Aik Gede Desa Kembiri Suka, menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi hukum kantor advokat Bambang Yuganto & Partners Law Firm tersebut.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, karena membuka dan menambah wawasan kami tentang gambar hukum di Indonesia,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Kembiri Bustami menambahkan, dalam hal ini pihaknya hanya memfasilitasi saja.

“Kami hanya memfasilitasi dan kami berharap kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan sampai ada konflik baru,” pungkasnya.

Pos terkait