Air Dijaga, Masa Depan Terjaga

DEPOKPOS – Perlu anda ketahui bahwa pentingnya kita untuk mengelolaan dan menjaga sumber air untuk masa depan itu tidak dapat dilebih-lebihkan atau di pandang sebelah mata. Karena air merupakan elemen penting yang memainkan peran vital dalam mendukungnya kehidupan seperti ekosistem, makhluk hidup, dan aktivitas manusia. Dalam menghadapi tantangan global seperti pertumbuhan populasi, perubahan iklim, dan peradaban manusia yang semakin berkembang pesat, karena itu perlunya tindakan yang bijaksana dalam mengelola sumber daya air agar bisa dikelola sebaik mungkin untuk bisa terus digunakan kemasa depan yang akan datang.

Tantangan yang akan dihadapi oleh sumber daya air akibat dari pertumbuhan populasi dan aktivitas manusia menjadi semakin memprihatinkan. Dari data yang dimiliki oleh kementerian PUPR, memperkirakan bahwa sekitaran 76 % sungai-sungai utama yang ada di Indonesia sudah mengalami pencemaran dalam tingkat yang cukup mengkhawatirkan. Karena disebabkan oleh aktivitas manusia yang intensif daalam sektor pertanian yang memerlukan irigasi skala besar, menyebabkan menurunnya tingkat air tanah dan merusak keselarasan siklus air, bahkan polusi air yang dihasilkan dari limbah industri dan domestik sangat dapat mengancam kualitas air, yang mengakibatkan penurunan ketersediaan air bersih yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, bahkan kita manusia saja sangat memerlukan kebutuhan air bersih.

Bahkan selain tantangan diatas, juga bisa diakibatkan oleh faktor alam seperti kekeringan, banjir, dan polusi secara dramatis memperburuk situasi sumber daya air di seluruh dunia. Sebaliknya, banjir yang sering kali terjadi dapat menyebabkan kerusakan infrastruktur, kehilangan properti, dan bahkan menimbulkan korban jiwa. Ketiga tantangan ini saling terkait dan diperparah oleh perubahan iklim yang semakin tidak terkendali.

Oleh karena itu konservasi atau upaya penanganan secara tepat merupakan peran yang sangat amat penting dalam menjaga keberlanjutan ekosistem dan kehidupan manusia. Dengan meningkatnya konservasi terhadap sumber daya air, konservasi berperan dalam mengurangi risiko kekeringan, menjaga kualitas air bersih, dan mendukung ketahanan pangan. Tindakan konservasi memberikan manfaat jangka panjang yang signifikan terhadap lingkungan dan masyarakat. Tindakan ini membantu melestarikan ekosistem air, menjaga aliran sungai yang sehat, dan melindungi habitat air dari polusi.

Agar konservasi itu berhasil diperlukan adanya peran pemerintah dalam pembuatan kebijakan untuk mengelola sumber daya air sangatlah menentukan keberhasilan dalam masalah tantangan terkait masalah sumber daya air. Karena dalam hal ini, pemerintah perlu merancang rencana pengelolaan air yang komprehensif, mempertimbangkan kebutuhan berbagai sektor seperti pertanian, industri, dan masyarakat, serta memastikan keberlanjutan ekosistem air. Kolaborasi antara pemerintah, pemerintah lokal, sektor swasta. Dengan kebijakan dan perencanaan yang matang, diharapkan keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya air bersih dipastikan bisa menyediakan untuk keberlangsungan generasi mendatang.

Selain pemerintah masyarakat juga memiliki peran adil dalam mengelola dan melestarikan perairan untuk mencapai keberlanjutan sumber daya air. Karena masyarakat yang akan terlibat diharapkan memberikan pemikiran dan opininya untuk menciptakan solusi yang inovatif. Dengan demikian, diharapkan supaya pelestarian air yang berhasil membutuhkan kolaborasi erat antara pemerintah, dari sektor swasta, dan juga masyarakat sipil untuk mencapai tujuan bersama dalam menjaga keseimbangan ekosistem air dan memastikan ketersediaan air yang berkelanjutan bagi semua.

Dapat disimpulkan bahwa pentingnya mengelola dan menjaga air untuk masa depan, bahwa kita harus memiliki kesadaran akan pentingnya sumber daya air karena air adalah sebagai elemen vital bagi kehidupan dan ekosistem yang sangat dibutuhkan. Konservasi air, teknologi inovatif, dan pendidikan masyarakat merupakan elemen-elemen penting yang ditekankan untuk memastikan pengelolaan air yang efisien. untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan, penting bagi semua pihak untuk berkomitmen dalam menjaga air sebagai sumber daya yang sangat berharga, serta untuk mengubah pola pikir dan perilaku guna memastikan ketersediaan air yang mencukupi bagi kehidupan generasi mendatang.

Nazar Maulidan Dami
Program Studi Teknik Lingkungan
Akademi Teknik Tirta Wiyata, Kota Magelang

Pos terkait