AKP La Beli Resmi Jabat Kasat Reskrim Polresta Ambon

Kabartoday, AMBON – Ajun Komisaris Polisi La Beli resmi menjabat Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

AKP La Beli menggantikan Kasat Reskrim sebelumnya Komisaris Polisi Beni Kurniawan yang mendapat jabatan baru sebagai Wakapolres Maluku Tengah. La Beli sendiri sebelumnya menjabat Plt Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Maluku.

Bacaan Lainnya

La Beli dilantik langsung Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Komisaris Besar Polisi Driyano Andri Iskandar. Upacara serah terima jabatan (sertijab) ini digelar Selasa (22/8/2023) di Aula Prima Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease kawasan Perigi Lima, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Selain melantik La Beli, Kapolresta Ambon juga melantik dua kasat lainnya serta dua Kapolsek jajaran.

AKP La Beli,SH, MH, menandatangani berita acara sebagai Kasat Reskrim pada upacara sertijab di Aula Prima Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Selasa (22/8/2023).

Dua kasat lain yang ikut dilantik adalah Kasat Lantas yang dijabat Kompol Seniman Jaya Mahmus dan Kasat Tahti yang dijabat Inspektur Polisi Satu Dominggus Edmon Sapulette.

Seniman menggantikan Kompol Senja Pratama yang dimutasi sebagai Kasubbid Wabprof Bidang Propam Polda Maluku. Sementara Sapulette menggantikan Ipda Rudi Sarak yang dimutasi sebagai Pama Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Tiga Kapolsek jajaran juga ikut dilantik. Mereka adalah Iptu Mahadewa Bayu Sulistyana Rendra sebagai Kapolsek Baguala. Dia menggantikan AKP Meity Jacobus. Meity mendapat job baru sebagai Kasubagrenmin Rolog Polda Maluku.

Sementara Ipda Nimrot Y Jolly dilantik sebagai Kapolsek Nusalaut. Dia menggantikan Iptu Izaak Tahapary yang mendapat job baru sebagai Kapolsek Bula, Polres Seram Bagian Timur.

Demikian pula di Polsek Leihitu Barat (Leihibar). Ipda Sofia Ch Alfons digantikan Ipda Ignasius Wira Ary Leburaya Tokan. Ipda Sofia mendapat tempat tugas baru sebagai Pamin 2 Urren Subagrenmin Ditreskrimsus Polda Maluku.

Namun untuk Polsek Leihibar hanya dilakukan prosesi penyerahan jabatan Kapolsek Leihibar ke Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Pasalnya, pejabat baru Ipda Ignatius belum berada di Ambon. Dia sementara mengikuti pendidikan.

Dalam upacara sertijab ini, para pejabat yang dilantik diambil sumpah jabatan oleh Kapolresta Ambon. Saat mengucapkan sumpah jabatan, para pejabat didampingi rohaniawan sesuai agama yang dianut.

Usai pengucapan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan, berita acara pengambilan sumpah dan pakta integritas.

Satu persatu pejabat yang dilantik menandatangani berita acara disaksikan Kapolresta Ambon.

Terhadap kegiatan alih tugas ini, Kapolresta Ambon dalam amanatnya katakan mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi.

Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim, SH, S.I.K sedang menyampaikan amanat pada upacara sertijab.

“Mutasi jabatan merupakan bagian dari program prioritas kapolri yaitu pemantapan reformasi internal Polri, untuk mewujudkan organisasi Polri yang semakin solid dan profesional,” ujar Kapolresta.

Jebolan Akademi Kepolisian tahun 1997 ini jelaskan serah terima jabatan di lingkungan Polri bertujuan untuk memelihara dinamika organisasi diberbagai tingkat kesatuan.

Selain itu, bagi personil yang melaksanakan sertijab merupakan proses kepemimpinan/promosi dalam pembinaan karier kedepan.

Driyano paparkan ke depan, Polri harus menyikapi tantangan, tuntutan dan harapan masyarakat yang makin kompleks.

Olehnya itu, semakin jelas bahwa tugas polri kedepan tidaklah ringan, baik dalam ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, serta masalah hukum.

“Karena itu, hal-hal tersebut harus dikelola dengan seksama sehingga tidak menimbulkan ekses terjadinya gangguan kamtibmas, terutama menjelang pemilu yang akan dilaksanakan secara serempak pada tahun 2024 mendatang,” tukasnya.

Kepada para pejabat baru, Driyano meminta agar amanah yang telah diberikan pimpinan ini untuk segera menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaannya.

Ia juga meminta kepada istri para pejabat ini selaku bhayangkari agar kiranya dapat mendukung dalam pelaksanaan tugas.

Selesai upacara sertijab, dilanjutkan dengan acara kenal pamit para pejabat yang dilaksanakan di Aula Prima Polresta Ambon. (IMRAN)

Pos terkait