Akses ke Bandara Pattimura Sempat Lumpuh, Penyebabnya Pohon Tumbang

Kabartoday, AMBON – Akses menuju Bandara Pattimura dari Kota Ambon maupun sebaliknya sempat lumpuh sekitar satu jam lamanya.

Penyebabnya karena sebatang pohon berdiameter sekitar setengah meter tumbang melintang di tengah jalan dr Leimena di kawasan Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon. Keberadaan pohon yang tumbang ini menutup seluruh badan jalan.

Bacaan Lainnya

Peristiwa pohon tumbang ini terjadi Rabu (12/7/2023) sekitar pukul 10.30 WIT. Untung saja tumbangnya pohon ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Tumbangnya pohon ini hanya melumpuhkan arus lalu lintas dari Kota Ambon menuju Bandara Pattimura dan sekitarnya maupun sebaliknya.

Jalan raya dr Leimena merupakan satu-satunya akses jalur darat dari Kota Ambon menuju Bandara Pattimura maupun sebaliknya.

Ipda Janet S Luhukay, Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Ada kejadian pohon tumbang di jalan raya dr Leimena di kawasan Desa Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon. Tidak ada korban jiwa. Hanya saja sempat menghambat arus lalu lintas karena pohonnya melintang di tengah jalan,” ungkap Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Janet S Luhukay Rabu (11/7/2023).

Ia katakan untuk mengatasi pohon yang tumbang ini, tim gabungan dari beberapa unsur turun lapangan berjibaku untuk menyingkirkan barang pohon dari badan jalan.

Tim gabungan yang terlibat datang dari unsur Polsek Teluk Ambon, Direktorat Sabhara Polda Maluku, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan SAR Nasional (Basarnas) Ambon.

Personil gabungan ini harus menggunakan mesin gergaji chain saw untuk memotong pohon yang cukup besar itu.

Akses darat dari Kota Ambon menuju Bandara Pattimura sempat lumpuh sekitar satu jam pada Rabu (12/7/2023) karena pohon tumbang

Setelah tim gabungan bahu membahu bersama warga, sekitar pukul 11.25 WIT sebagian pohon yang tumbang dapat dibersihkan dari badan jalan. Arus lalu lintas dapat berjalan menggunakan satu jalur saja.

Selanjutnya pada pukul 11.40 WIT, seluruh batang pohon dapat dibersihkan dari badan jalan sehingga arus lalu lintas kembali lancar pada dua jalur jalan.

“Setelah tim gabungan berjibaku di lapangan bersama warga setempat, akhirnya pohon yang tumbang dapat dibersihkan dari badan jalan sehingga arus lalu lintas kembali lancar,” ujar Luhukay.

Jebolan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 51 Tahun 2022 ini katakan tumbangnya pohon tersebut karena cuaca buruk. Hujan deras terus menerus mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya selama beberapa hari terakhir.

WASPADA

Terhadap kondisi cuaca buruk, Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau Pulau Lease ini menghimbau warga termasuk pengendara kendaraan bermotor untuk waspada.

“Kondisi cuaca beberapa hari terakhir ini agak kurang bersahabat. Karena itu saya himbau kepada seluruh warga termasuk pengendara kendaraan di jalan raya untuk selalu waspada,” pinta Kasi Humas pemilik senyum manis ini.

Ia katakan, yang namanya bencana atau musibah tidak bisa dipastikan kapan dan dimana terjadi. Seperti kejadian pohon tumbang di jalan dr Leimena.

Ia berujar, tidak menutup kemungkinan akan ada kejadian yang sama di lokasi lainnya. Karena itu, ia berharap agar warga meningkatkan kewaspadaan.

“Gunanya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Juga untuk menghindari jatuh korban,” pungkas Luhukay. (IMRAN)

Pos terkait