Anies Baswedan Kasih Tips Raih Beasiswa, Tak Perlu IP Sempurna

DEPOKPOS – Calon Presiden nomor urut 01 yang diusung Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, memberikan sejumlah tips kepada calon mahasiswa untuk meraih beasiswa.

Salah satu tips yang dijelaskan Anies, terkait angka minimal Indeks Prestasi (IP). Menurut mantan Mendikbud RI itu, untuk mendapat beasiswa, calon mahasiswa tak perlu mendapat IP sempurna.

Bacaan Lainnya

“Yang terpenting, angka IP-nya sedikit di atas persyaratan beasiswa,” sebut Anies dalam acara Desak Anies Edisi Pendidikan di Yogyakarta, Selasa (23/1).

Oleh karena itu, menurut Anies sangat perlu agar para calon mahasiswa mencari tahu terlebih dahulu berapa minimal IP dari beasiswa yang mereka incar.

“Usul saya, lihat persyaratan beasiswa. Kalau persyaratan beasiswa itu IP-nya X, maka Anda harus dapat IP di atas itu,” ujarnya.

Dengan begitu, kata mantan gubernur DKI Jakarta itu, mahasiswa yang mencari beasiswa tidak harus punya IP sempurna.

“Tidak usah sempurna, yang penting di atas itu. Dengan begitu, nanti kalau daftar LPDP tidak ditolak karena IP,” ujar Anies.

Pada kesempatan tersebut, Anies juga ingin cakupan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) diperluas hingga ke sektor kebudayaan, kesenian, dan olahraga.

Hal itu disampaikan Anies lantaran sektor tersebut sering luput dan tidak menjadi prioritas dalam pemberian beasiswa.

“Pilihan bidang LPDP itu harus dikembangkan lebih luas lagi. Termasuk sektor kebudayaan, kesenian, dan olahraga yang seringkali tidak jadi prioritas dalam pemberian beasiswa,” ujarnya.

Pos terkait