Arif Anwar : Wartawan Termasuk Potensi SAR

Kepala Kantor Basarnas Ambon M Arif Anwar sedang jelaskan tugas SAR kepada insan pers di Kota Ambon.

Kabartoday, AMBON – Wartawan termasuk salah satu potensi SAR. Karena itu wartawan akan diberdayakan agar dapat mendukung tugas SAR ke depan.

Hal ini dikatakan Kepala Basarnas Ambon M Arif Anwar saat coffee morning Kantor Basarnas Ambon dengan insan pers Kota Ambon, Kamis (1/2/2024) di New 88 Cafe n Resto Ambon.

Bacaan Lainnya

“Teman-teman wartawan adalah salah satu potensi SAR. Potensi SAR itu terdiri dari TNI Polri, Pemerintah Daerah dan Media,” tegas Anwar dihadapan puluhan jurnalis Kota Ambon.

Mantan Kepala Basarnas Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar) katakan akan berupaya berkolaborasi untuk memberdayakan wartawan sebagai salah satu potensi SAR.

Anwar beberkan ke depan akan mengadakan pelatihan yang juga bisa melibatkan wartawan seperti Water Rescue, Jungle Rescue dan Under Water.

“Yang jelas untuk Water Rescue, teman-teman harus bisa berenang. Untuk antisipasi, karena kita mainnya di laut. Tapi kalo jungle rescue, itu bebas. Asalkan fisiknya bagus,” tukasnya.

Suasana silaturahmi Kepala Kantor Basarnas Ambon M Arif Anwar bersama insan pers Kota Ambon, Kamis (1/2/2024).

Untuk itu, ia telah merancang dua kegiatan pelatihan potensi SAR di tahun 2024 dan dijadwal pada bulan April serta Agustus.

Ia berharap dengan pelatihan potensi SAR yang melibatkan wartawan nanti, ada jurnalis yang bisa ikut rombongan tim SAR.

“Kita berharap ada rekan-rekan jurnalis yang on the boat bersama rombongan tim SAR agar bisa melihat langsung bagaimana tim SAR melakukan penyelamatan,” harap dia.

Soal alat utama (alur) yang digunakan tim SAR Ambon, Anwar beberkan saat ini Kantor SAR Ambon telah memiliki alut baru.

“Saat ini kita punya alat utama yang baru yaitu RBB (Rigid Buoyancy Boat). Panjangnya 12 meter. Ini termasuk alat canggih. Karena sudah punya sonar thermal. Juga bisa melihat objek bawah air,” urainya.

Pada kesempatan itu, Anwar berharap agar jurnalis dapat berperan mensosialisasikan tugas pokok SAR yaitu usaha dan kegiatan mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah pelayaran dan atau penerbangan atau bencana dan atau musibah lainnya.

Dalam silaturahmi itu, Kepala Kantor Basarnas Ambon didampingi Kabag Umum Susanto dan Kepala Seksi Operasi Andri AH. (IMRAN)

Pos terkait