Bakamla RI Lepas Personel PPPK, Laksanakan Coast Guard Basic Training

KABARTODAY,JAKARTA | (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard 2023) Sebanyak 71 orang personel Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Bakamla RI mengikuti Apel Keberangkatan untuk menjalankan Coast Guard Basic Training (CGBT). Apel dipimpin oleh Kepala Biro Umum Bakamla RI Laksma Bakamla Andi Rahmat M., di Mabes Bakamla RI, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023).

Setelah Apel, para personel diberangkatkan menuju Kapal Negara (KN) Tanjung Datu-301 yang telah sandar di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok. Kapal tersebut akan mengantar para personel menuju lokasi CGBT di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer TNI Angkatan Laut, Surabaya, dengan memakan waktu selama kurang lebih dua hari lamanya.

Sebelum keberangkatan, para personel menjalani Apel Kelengkapan yang dipimpin oleh Komandan Kapal KN. Tanjung Datu-301 Kolonel Bakamla Rudi Endratmoko, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., untuk memastikan kelengkapan kehadiran dan kondisi para personel PPPK.

Sebelum mengikuti CBGT, para personel sudah melaksanakan Medical Check-Up (MCU) pada akhir Oktober lalu, guna menjamin kesehatan jasmani para peserta. CGBT itu sendiri akan dilaksanakan selama tiga minggu lamanya.

CGBT merupakan program pendidikan Bakamla RI bernuansa pelatihan dasar militer, yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi Bakamla RI. Pendidikan ini esensial untuk dilakukan, karena sebagai pondasi dasar dalam meningkatan kedisiplinan serta profesionalitas para personel PPPK dalam menjalankan tugas mengamankan wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia. (Humas Bakamla RI)

Autentifikasi : Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.

Pos terkait