Berdaya Saing dan Inspiratif! Mahasiswa PGPAUD UPI Purwakarta Gebrak dengan APE “Travel Education” dalam Workshop Peningkatan Kemampuan Guru PAUD 2024

DEPOKPOS — Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta baru-baru ini melaksanakan inisiatif pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada keahlian dalam bidang pendidikan anak usia dini. Kolaborasi antara dosen dan mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme pendidik PAUD. Dr. Asep Kurnia Jayadinata, M.Pd., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, memimpin inisiatif ini dengan tim yang terdiri dari Dr. Idat Muqqodat M.Pd. Kons, Alin Mentari, Dian Safitri, Intan Oktaviani, Lora Rahma Saputri, Najwa Shila Yazid, Salma Zuhrotunnasikhoh, Tuti Alawiah, dan Yumna Hukmaini Syahla.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa webinar dan workshop dengan judul “Transformasi Pembelajaran Inovatif melalui Alat Permainan Edukatif.” Acara ini dimulai pada tanggal 5 Januari 2024, dengan webinar dan pembukaan workshop, dilanjutkan dengan sesi workshop hingga tanggal 10 Januari 2024. Acara ini dilaksanakan secara blended, baik secara fisik di Smart Classroom Kampus UPI Purwakarta maupun secara virtual melalui pertemuan Zoom. Sebanyak 20 guru PAUD dari seluruh Jawa Barat turut serta dalam webinar dan workshop ini.

Workshop difokuskan pada Alat Permainan Edukatif (APE) dengan tema “Transformasi Pembelajaran Inovatif melalui Alat Permainan Edukatif.” Sepuluh APE karya mahasiswa PGPAUD UPI Purwakarta diperkenalkan dalam acara tersebut, antara lain: Goes To Zoo, Smart Troli, Math and Match Box, Side to Side Home Game, Happy Home, Travel Education, Math Robot, Chanel Education, Get to Know Organism, dan Smart Games. Informasi lebih lanjut mengenai cara pembuatan dan pemanfaatan APE dapat diakses melalui halaman Instagram: @ape_upipwk_permata.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pendidik di SPS Al-Barokah dan RA An-Nur di Purwakarta. Kedua institusi ini, yang berlokasi di lokasi yang berbeda di Purwakarta, ditargetkan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengembangan bahan ajar menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE). APE ini dirancang khusus untuk merangsang enam aspek perkembangan anak usia dini: perkembangan fisik motorik, bahasa, kognitif, moral dan agama, serta emosional. APE yang dihasilkan melalui kegiatan ini diberi nama “Travel Education.”

Dua pendidik dari SPS Al-Barokah dan RA An-Nur, keduanya bukan lulusan kependidikan anak usia dini, turut serta aktif dalam inisiatif ini. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan signifikan dalam keterampilan pendidik non-linear dalam menciptakan APE “Travel Education.” Harapannya, alat ini dapat diintegrasikan dengan lancar dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, merangsang perkembangan anak usia 5-8 tahun di RA An-Nur, Babakan Cikao, Purwakarta.

Inisiatif pengabdian kepada masyarakat ini tidak hanya meningkatkan kemampuan pendidik, tetapi juga mendorong partisipasi aktif dari pendidik PAUD dalam menciptakan alat permainan edukatif. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kreativitas, menciptakan terobosan, dan menginspirasi inovasi, dengan harapan dapat menghasilkan APE yang lebih inovatif di masa depan. Kolaborasi antara dosen dan pendidik ini menjadi contoh untuk memajukan pendidikan anak usia dini dan memastikan lingkungan pembelajaran yang dinamis dan menarik bagi anak-anak.

Oleh : Najwa Shila Yazid

Pos terkait