Bupati Malra Resmikan Gereja Jemaat GPM Efata Fako Kei Besar

Bupati Malra Drs. H. M. Thaher Hanubun,M.Si berjabat tangan dengan Sekum MPH Sinode GPM Pdt Sacharias I Sapulette usai keduanya menandatangani prasasti peresmian Gereja Jemaat GPM Efata Fako, Minggu (10/9/2023).

Kabartoday, AMBON – Bupati Maluku Tenggara (Malra) H. M. Thaher Hanubun sampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Gereja Protestan Maluku (GPM).

Pasalnya, ia menilai cukup banyak kader yang lahir dari jemaat GPM telah memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan di Maluku Tenggara.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Hanubun dalam sambutannya saat meresmikan Gedung Gereja Efata Fako di Ohoi (Desa) Fako, Kecamatan Kei Besar.

Prosesi peresmian dan pentahbisan Gereja Jemaat GPM Fako Klasis Kei Besar ini dilaksanakan Minggu (10/9/2023) pukul 09.00 WIT.

Selain Bupati Malra, hadir dalam acara ini antara lain Sekretaris Umum Majelis Pekerja Harian (MPH) Sinode Gereja Protestan Maluku Pendeta Sacharias Izak Sapulette, Kapolres Malra AKBP Frans Duma, Komandan Lanud Dumatubun Letkol Pas Muhammad Junaidi, Penjabat Sekda Malra Iwan Ubro, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Malra H. Arifin Difinubun.

Sekum MPH Sinode GPM Pdt. Sacharias I Sapulette memimpin ibadah pentahbisan Gereja Jemaat GPM Efata Fako, Minggu (10/9/2023).

Turut hadir pula sejumlah pejabat TNI Polri serta sipil lainnya. Terlihat pula para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta warga jemaat Ohoi/Desa Fako.

“Pada kesempatan ini saya mau berterima kasih kepada Keluarga Besar Gereja Protestan Maluku, karena kader-kader yang lahir dari Jemaat GPM telah memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan di Maluku Tenggara,” ungkapnya.

Ia juga mengajak seluruh hadirin agar selalu bersyukur karena Kabupaten Maluku Tenggara dikaruniai kondisi kehidupan kekerabatan, persaudaraan, dan sikap saling menghargai dalam harmoni sosial yang terus tumbuh dan terjaga dalam kekayaan Tradisi di Bumi Larwul Ngabal.

Secara khusus pada kesempatan yang berbahagia ini, dirinya bersyukur karena diperkenankan merayakan peresmian dan pentahbisan Gedung Gereja Efata Jemaat GPM Fako.

“Semoga Gereja ini, menjadi tanda keselamatan bagi seluruh umat,” tukasnya.

Bupati yang diusung parpol PKS, PPP, PAN dan Gerindra pada Pilkada 2018 lalu ini meyakini kebahagiaan jemaat GPM Fako ini makin lengkap karena kehadiran Sekretaris Umum MPH Sinode GPM Pendeta Sacharias Izak Sapulette serta seluruh tamu undangan yang datang untuk menyaksikan momentum bahagia ini.

“Bagi seluruh Jemaat GPM Fako, dalam kebahagiaan ini, saya mau mengajak kita semua untuk mengingat kembali perjuangan pribadi-pribadi hebat yang telah memperjuangkan sampai terselesaikannya Gedung Gereja Efata yang baru ini,” ujarnya.

Pasalnya, pribadi-pribadi hebat tersebut telah memulai proses pembangunan gereja walaupun dengan segala keterbatasan.

“Mereka telah memulai dengan sebuah kerja keras yang terkadang diwarnai dengan caci maki dan hujatan. Mereka telah memulai dengan keringat dan air mata, dan hari ini sebuah kerinduan besar mereka telah terlaksana,” jelas Hanubun.

Pada kesempatan itu, bupati yang sangat konsen dengan kehidupan toleransi antar umat beragama ini sempat mengajak semua hadirin untuk mengenang jasa para pendeta dan guru agama yang telah turut menjaga dan memelihara Iman Gereja Protestan Maluku agar tetap tumbuh subur di Ohoi Fako.

“Sebagai penghormatan untuk itu, mari kita hening sejenak mendoakan mereka,” ajaknya.

Ia juga mengingatkan bahwa ada kemungkinan ancaman untuk memecah belah kehidupan masyarakat.

Ancaman perpecahan ini datang dari mereka yang tidak ingin daerah ini bangkit dan bisa lebih maju lagi.

“Akhir-akhir ini, kita dihantam berbagai persoalan yang membutuhkan kedewasaan hati yang bersih untuk memilah-milah dan menganalisa berbagai persoalan secara lebih baik dan bijaksana. Ancaman perpecahan terus ada dan datang dari mereka yang tidak ingin daerah ini bangkit dan lebih maju lagi,” tegasnya.

Karena itu, ia berharap agar semua komponen warga untuk dapat berjalan bersama bergandengan tangan untuk  menatap Maluku Tenggara yang lebih baik.

Diakhir sambutannya, ia berharap agar Gedung Gereja Efata yang diresmikan hari ini, menjadi tanda persaudaraan bagi semua orang.

“Saya atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Maluku Tenggara, mengucapkan selamat atas peresmian dan Pentahbisan Gedung Gereja Efata Hako,” pungkasnya.

Bupati Malra Drs. H. M. Thaher Hanubun, M.Si sedang menandatangani prasasti peresmian Gereja Efata Jemaat GPM Fako, Minggu (10/9/2023).

Dalam prosesi peresmian dan pentahbisan gereja ini, dilakukan penandatanganan prasasti oleh Bupati Malra dan Sekum MPH Sinode GPM.

Dilanjutkan dengan prosesi pengguntingan pita untuk membuka pintu gerbang Gedung Gereja Efata.

Setelah itu digelar acara ibadah pentahbisan gereja yang dipimpin Sekum MPH Sinode GPM Pendeta Sacharias Izak Sapulette. (IMRAN)

Pos terkait