Cara Mendapatkan Beasiswa Invest Your Talent in Italy, Kuliah Gratis di Italia

DEPOKPOSThe Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation bekerja sama dengan ITA Italian Trade Agency dan Uni Italia memprakarsai Invest Your Talent in Italy (IYT) – program beasiswa penuh untuk mahasiswa internasional terbaik untuk melanjutkan studi jenjang S2 atau post graduate studies di salah satu universitas di Italia.

Mahasiswa Indonesia bisa menentukan program yang sesuai 130 program studi yang ditawarkan. Kebanyakan dari program studi ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Jadi, tidak perlu khawatir jika tidak sepenuhnya menguasai Bahasa Italia untuk kuliah dan mendapatkan beasiswa ‘Invest Your Talent in Italy’.

Bacaan Lainnya

Beasiswa IYT sudah terbuka untuk mahasiswa Indonesia sejak tahun 2017 dimana sejak saat itu Indonesia menjadi salah satu negara-negara yang masuk daftar IYT. Kabarnya, tidak ada kuota yang ditetapkan setiap tahunnya; Jadi, setiap tahunnya angka mahasiswa yang mendapatkan beasiswa IYT berbeda-beda sesuai dengan kualitas pendaftar.

Kalau kamu adalah warga negara Indonesia, memiliki diploma strata I (tiga sampai empat tahun masa studi), dan dengan lancar berbahasa Inggris, kamu berhak untuk mendaftarkan diri ke beasiswa ini.

Kenapa Memilih IYT?

Dengan mendapatkan beasiswa IYT, penerima bukan saja mendapatkan tunjangan penuh untuk berkuliah di Italia, penerima juga akan mendapatkan bimbingan akademis dan juga pelatihan kerja di perusahaan-perusahaan besar Italia selagi menjalankan studi. Tenang, IYT dan student support akan membina penerima beasiswa IYT selama bertransisi dan tinggal di Italia.

Program studi yang masuk dalam daftar IYT diantaranya:

  • Engineering
  • Advance Technologies
  • Architecture
  • Design
  • Economics and Management

Disamping itu, universitas-universitas yang masuk dalam daftar IYT juga menyediakan kursus bahasa dan kultur Italia. Kesempatan ini memberikan keuntungan bagi pelajar internasional untuk menjadi lebih mudah beradaptasi secara sosial dan intelektual selama mereka tinggal di Italia.

Tunjangan

Tunjangan yang diberikan oleh IYT kepada penerima diantaranya:

  • Tunjangan hidup 900,00€ per bulan (tunjangan akan didistribusikan setiap 3 bulan)
  • Penghapusan biaya perkuliahan secara total atau parsial
  • Kursus bahasa Italia
  • Mata kuliah dalam bahasa Inggris
  • Pratik kerja di perusahaan Italia
  • Dukungan untuk mencari tempat tinggal, aktivitas integrasi di Italia, dll.

Beasiswa ini hanya berlaku untuk program studi yang dijalankan di Italia. Penerima beasiswa tidak dapat mengikuti mobility program atau menjalankan program magang dan studi thesis diluar Italia untuk selama menjalankan program beasiswa IYT.

Cara Mendaftar

Untuk mendaftarkan diri ke program beasiswa IYT, pertama pemohon harus mendaftarkan diri ke salah satu dari 130 jurusan dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris yang tersedia di berbagai universitas Italia.

Universitas yang berpatisipasi dalam program beasiswa IYT diantaranya:

IUAV
IULM-INTERNATIONAL UNIVERSITY OF LANGUAGES AND MEDIA
LINK CAMPUS UNIVERSITY
LUISS GUIDO CARLI
POLITECNICO DI MILANO
POLITECNICO DI TORINO
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI BRESCIA
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI CAMERINO
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI FERRARA
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI FIRENZE
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI GENOVA
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI MACERATA
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI MILANO – BICOCCA
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI MODENA E REGGIO
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI PADOVA
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI PAVIA
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI TRENTO
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI VENEZIA CA’ FOSCARI
UNIVERSITÀ DEGLI STUDI DI VERONA
UNIVERSITÀ DEL SALENTO
UNIVERSITÀ DELLA CALABRIA
UNIVERSITÀ DI PARMA
UNIVERSITÀ DI PISA
UNIVERSITÀ DI ROMA TOR VERGATA
UNIVERSITÀ DI SIENA

Kedua, masukan data dirimu ke MY-APP. Di website ini, kamu bisa mengisi, menyimpan, merubah, dan nantinya menggunggah aplikasimu ke program IYT.

Dokumen yang harus kamu sertakan di dalam aplikasi tersebut diantaranya:

1) Raport nilai di akhir tahun pendidikan dari semua ujian sebelumnya serta nilai akhir (Gelar Sarjana)

2) Sertifikat Bahasa Inggris (tingkat B2 dalam Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa)

3) Sertifikat Bahasa Italia – bukti kemahiran dalam Bahasa Italia. Sertifikat ini tidak wajib, tetapi akan menjadi bahan yang membantu pertimbangan dalam proses seleksi.

4) Video esai dalam bahasa Inggris ( 1 menit) – Perkenalkan dirimu, jelaskan mengapa kamu ingin menjadi bagian dari IYT dan motivasimu untuk belajar di Italia

5) CV / resume paling baru

6) Paspor

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai dokumen yang harus disertakan, Buka tautan berikut: https://postgradinitaly.esteri.it/postgradinitaly/en/how-to-apply

Kesempatan ini dibuka hanya satu kali setiap tahun. Jangan sia-siakan kesempatan untuk melanjutkan studi ke Italia dengan program beasiswa IYT.

Pos terkait