Dalmas Nusantara 2024, Polda Jawa Timur Gelar Pasukan 23.000 Personil TNI-Polri

SURABAYA – Apel gelar pasukan Sabhara dalam rangka kesiapan Dalmas Nusantara tahun 2024 di Polda Jawa Timur. “Saya selalu ingin menekankan kepada saudara-saudara sekalian bahwa kita yang berada di fungsi Sabhara ini merupakan salah satu ujung tombak dalam tugas preventif kepolisian. Dengan personel yang disiagakan sebanyak 23.000 personel gabungan TNI, Polri serta Stakeholder yang lainnya,” ujar Kabaharkam Polri Komjen Pol M Fadil Imran, Kamis (25/1/2024).

Hal itu disampaikan Kabaharkam Polri, Komjen Muhammad Fadil Imran saat pimpin apel pengecekan personel Ditsamapta dan alat material khusus (Almatsus) pengendalain massa (Dalmas) Polda Jatim, yang berlangsung di lapangan apel Mapolda Jatim, Kamis (25/01/2024), dalam rangka kesiapan Pemilu 2024.

Almatsus Polri merupakan peralatan yang digunakan untuk kepentingan penyelenggaraan keamanan dan ketertiban Masyarakat. Sedangkan tugas Dalmas untuk menghadapi massa pengunjuk rasa.

Kabaharkam Polri saat melakukan pengecekan alat material khusus didampingi antara lain Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto dan Pejabat Utama Polda Jatim.

Kabaharkam Polri usai pimpin apel tersebut langsung melakukan pengecekan jenis Almatsus diantaranya kendaraan Rantis, kelengkapan Dalmas, senpi laras Panjang dan pendek termasuk peralatan Satpolairud Polda Jatim.

Hadir dalam giat tersebut Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Imam Sugianto, Kakorsabhara Baharkam Polri, Karorenmin Baharkam Polri, Karobinopsnal Baharkam Polri, Ditsamapta Korsabhara Polri, serta pejabat utama (PJU) Polda Jatim.

Komjen Pol Mohammad Fadil Imran juga menyampaikan, bahwa dalam waktu tidak berapa lama lagi terhitung mulai hari ini sampai dengan tanggal 14 Februari 2024, tahap inti pencoblosan tinggal 3 Minggu lagi.

“Saya berpesan kepada teman-teman khususnya pasukan Dalmas yang dipersiapkan untuk siaga dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjut Komjen Pol Fadil yang mantan Kapolda Jatim itu.

Selain itu, ujar Komjen Fadil, tanamkan kebanggaan dalam diri anda (anggota) semua bahwa memilih pemimpin di republik ini perlu ruang agar masyarakat tenang. “ Kehadiran saudara-saudara sekalian akan memberikan suasana tenang dan masyarakat dapat memberikan suaranya dan memilih wakilnya serta pemimpin bangsa ini. Tujuannya agar pembangunan bisa terus dilanjutkan,” ujarnya.

Kabaharkam Polri saat pimpin Apel Personel dan Peralatan Ditsamapta Polda Jatim dalam rangka Asistensi dan Supervisi Dalmas Nusantara guna kesiapan pengamanan Pemilu 2024, ini mulai kemarin jajaran Korsabhara Baharkam Polri sudah melakukan supervisi untuk penguatan fungsi Sabhara mulai dari Satwa, Pamobvit dan Satuan ke Sabharanya sendiri.

“Dan hari ini puncaknya dengan apel gelar kesiapan pasukan Sabhara menjelang tahap inti pemungutan suara,” tandasnya.

Kabaharkam Polri itu berharap semuanya siap, siap pasukan, siap peralatan, siap operasi dan tentunya kesiapan masyarakat sudah dikerjakan dengan baik. “ Kita berharap hal ini akan menciptakan situasi yang adem, tentram damai dalam pelaksanaan tahapan inti sampai dengan penghitungan suara nanti,” ujarnya.

Tindakan-tindakan seperti ini, masih kata Komjen Pol Fadil, akan terus digelorakan. Bukan hanya di Polda Jawa Timur, tapi di semua Polda. “ Kami berharap juga sudah diskusi dengan Pak Kapolda hal-hal model seperti ini pengecekan satu bulan menjelang akan dilakukan ke Polres Polres. Tentunya bukan oleh Polisi sendiri tapi secara lintas sektoral kita melakukan sinergi agar wilayah ini menjadi aman,” imbaunya.

Dan sampai saat ini Jawa Timur terbilang aman dan terus berupaya mempertahankan situasi yang seperti ini. Tapi kalau ada peningkatan eskalasi tentunya sudah siap. (tok)

“Artikel Rilis Humas Polda Jatim”

Pos terkait