Debat CaWaPres, Slepet Cak Imin menunjukkan keampuhannya menjawab pertanyaan

Debat CaWaPres, Slepet Cak Imin menunjukkan keampuhannya menjawab pertanyaan

KABARTODAY,JAKARTA | Calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak imin, nomor urut satu menyoroti komitmen pemerintah yang dia anggap tidak serius dengan pencapaian target Energi Baru Terbarukan atau EBT saat menanggapi pernyataan cawapres nomor urut dua.

“Memang pajak karbon ini salah satu bukan satu-satunya yang penting dipersiapkan transisi EBT, sayangnya komitmen pemerintah hari ini tidak serius target EBT yang mestinya kita harusnya 2025 berkurang dari 23% menjadi 17%,” ujar Muhaimin, Minggu (21/1).

Namun demikian hal ini ditanggapi oleh Gibran dengan sindiran. “Enak bangat ya Gus menjawabnya sambil baca catatan itu,” sindir Gibran.

Gibran pun menyebut bahwa sejumlah kebijakan di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni pemanfaatan biodiesel 35% (B35), bioavtur, hingga bioetanol sudah terbukti menekan angka impor minyak Indonesia.

“Seperti yang saya katakan tadi bioetanol, bioavtur, biodiesel. Sekarang sudah terbukti dengan adanya B35 dan B40 ini sudah mampu menurunkan nilai impor minyak kita, meningkatkan nilai tambah produksi sawit dalam negeri dan juga lebih ramah lingkungan,” kata Gibran.

“Sekali lagi tantangannya di sini adalah mencari titik keseimbangan kita ingin menggenjot hilirisasi industri, tapi kita juga wajib menjaga kelestarian lingkungan,” imbuhnya.

“Saya catat sedikit, yang penting ini bukan Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Cak Imin.

Hal itu dikatakan saat hendak menjawab pertanyaan panelis terkait dengan bagimana kebijakan agar warga desa lebih berminat untuk tinggal dan membangun desanya.

Cak Imin pun melanjutkan jawabannya atas pertanyaan tersebut. Bahwa dikatakannya “Dulu kita gagal di zaman orba, karena kita membangun dari atas. Dengan permohonan Desa kita membangun dari bawah dengan pembangunan dari bawah kita yakin akan tumbuh kehidupan kemasyarakatan ekonomi sosial budaya yang akan terus terjaga dan lestari.”

Adapun dalam debat ini, tiga calon wakil presiden (cawapres) yang berkontestasi dalam Pilpres 2024 beradu gagasan. Tema debat ini adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, hingga masyarakat adat dan desa.

Dalam debat ini cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis dan sesama mereka sendiri. Sama seperti pada debat cawapres sebelumnya, para capres dari masing-masing paslon akan hadir, tetapi porsi bicara hanya untuk cawapres

(Atma)

Pos terkait