Deretan Smartphone yang Akan Meluncur Tahun 2024

DEPOKPOS – Tahun 2024 diperkirakan akan menandai tonggak penting dalam evolusi ponsel pintar (smartphone), sebab, gawai utama manusia ini diprediksi tidak lagi menjadi sebatas alat yang menghubungkan ke internet dan mengambil beberapa foto.

Dengan munculnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) generatif, kehidupan digital akan lebih canggih lagi, di mana ponsel cerdas bertindak seperti asisten digital. Mayoritas ponsel yang akan datang pada tahun 2024 bakal menggunakan AI.

Berikut beberapa smartphone terbaik yang akan meluncur di tahun 2024, sebagaimana dilansir Augustman belum lama ini.

Seri iPhone 16

iPhone 16
iPhone 16

Peluncuran diharapkan: September 2024

Apple biasanya menyediakan bulan September untuk pengumuman iPhone tahunan dan tahun ini, kemungkinan besar Apple akan meluncurkan seri iPhone 16. Rumor tentang iPhone 16 telah berkembang segera setelah iPhone 15 mencapai toko-toko beberapa bulan yang lalu.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus standar diperkirakan akan mendapatkan chip A18 3nm baru, tombol volume dan daya kapasitif, tombol rana kamera khusus, beberapa penyempurnaan pada perangkat keras kamera, desain belakang yang lebih segar, dan layar OLED 60Hz yang sama.

iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max diperkirakan akan mendapatkan chip A18 Pro yang lebih gahar, perangkat keras kamera yang ditingkatkan, tombol sentuh kapasitif di bagian samping, dan sensor ID Wajah di bawah layar. Rumornya, Apple juga akan menyematkan teknologi AI baru pada iPhone ini.

iPhone SE 4

iPhone SE 4
iPhone SE 4

Peluncuran diharapkan: Maret 2024

Apple diperkirakan akan menandai kembalinya ke segmen kelas menengah dengan meluncurkan iPhone SE 4 yang baru. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa iPhone entry-level ini didasarkan pada iPhone 14, meskipun dengan beberapa perubahan. Kemungkinan besar akan memiliki bodi iPhone 14 serta layar OLED 60Hz 6,1 inci yang menampilkan lekukan jadul untuk menampung sistem kamera True Depth.

Apple dapat memberikan chip A16 Bionic untuk menawarkan kinerja yang lebih baik. Baterai 3.279 mAh akan memberikan stamina yang lebih lama pada iPhone SE baru dan port pengisian daya USB-C yang diwajibkan oleh Uni Eropa akan membuatnya kompatibel dengan semua pengisi daya Tipe-C yang tersedia secara universal.

Namun, untuk memangkas biaya, Apple kemungkinan akan menampilkan kamera belakang 12 megapiksel, mirip dengan iPhone SE saat ini. Apple juga diperkirakan akan meninggalkan verifikasi Face ID dan memilih sistem Touch ID yang dipasang di tombol daya, seperti implementasi Touch ID iPad Air.

Samsung Galaxy Z Flip 6 & Fold 6

Samsung Galaxy Z Flip 6
Samsung Galaxy Z Flip 6

Perkiraan peluncuran: Agustus 2024

Galaxy Z Flip 5 menandai peningkatan yang luar biasa dari pendahulunya dengan tampilan sampul besar yang praktis dan bentuk yang ringan. Dengan Galaxy Z Flip 6, rumornya Samsung dapat memangkas bezel layar lipat dan membuat perubahan yang nyata pada tampilan sampul berbentuk folder.

Ponsel ini dapat menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3 terbaru untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya. Kami juga berharap Samsung membuang kamera ganda 12 megapiksel yang sudah ketinggalan zaman dan memilih pengaturan modern yang menampilkan kamera utama 50 megapiksel.

Sementara Galaxy Z Fold 5 pada dasarnya adalah penyempurnaan ringan dari desain dua tahun sebelumnya. Dengan meningkatnya persaingan di segmen ponsel yang dapat dilipat, Samsung akhirnya dikabarkan akan menggunakan rasio aspek yang berbeda pada Galaxy Z Fold 6.

Samsung dapat menghadirkan tampilan sampul yang lebih luas yang akan sebanding dengan ruang yang dapat digunakan dengan flagship Galaxy S24. Selain itu, hal ini dapat mengurangi bobot perangkat sambil merombak sistem kamera belakang dan meningkatkan chipset ke Snapdragon 8 Gen 3 terbaru.

Google Pixel 9 series

Google Pixel 9 series
Google Pixel 9 series

Peluncuran diharapkan: Oktober 2024

Jajaran Pixel 9 akan melanjutkan kegilaan AI Pixel 8, sehingga memberikan keunggulan tersendiri bagi jajaran Pixel.

Selain chipset Tensor G4 baru dan kemungkinan desain baru yang funky, Google bisa saja menghadirkan lebih banyak fitur AI generatif yang lebih ajaib ke Pixel 9 standar tahun ini. Pixel 9 Pro juga dapat menghadirkan fitur dan alat berbasis AI baru dari laboratorium Google yang dapat memberikannya keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya, Samsung dan Apple.

Ponsel ini juga diharapkan untuk memulai debut rilis publik pertama Android 15, yang belum memasuki tahap pengujian.

Redmi Note 13 Pro

Redmi Note 13 Pro
Redmi Note 13 Pro

Peluncuran: 4 Januari 2024

Segmen smartphone kelas menengah akan diguncang dengan kehadiran Redmi Note 13 Pro Plus dari Xiaomi. Diumumkan kepada khalayak di China pada akhir 2023, smartphone ini akan mengubah ekspektasi dari segmen ini.

Selain desain baru yang mewah, Redmi Note 13 Pro Plus akan memiliki ketahanan air dan debu IP68, layar OLED 6,7 inci 120Hz tepi melengkung dengan kecerahan puncak 1.800 nits, kamera belakang utama 200 megapiksel, baterai 5.000 mAh, dan pengisian daya cepat berkabel 120W. Ponsel ini didasarkan pada chipset kelas menengah MediaTek Dimensity 7200 Ultra.

Xiaomi 14

Xiaomi 14
Xiaomi 14

Peluncuran diharapkan: Februari/Maret 2024

Xiaomi 14 akan menjadi persembahan utama Xiaomi untuk dunia, memberikan kesempatan untuk sekali lagi bermain dengan sistem kamera yang disesuaikan dengan Leica yang menampilkan tiga sistem kamera belakang 50 megapiksel. Ponsel ini didasarkan pada chipset Snapdragon 8 Gen 3 dan menampilkan layar OLED beresolusi 1200p berukuran 6,3 inci dengan kecepatan refresh 120Hz dan kecerahan puncak 3.000 nits. Baterai berkapasitas 4.600 mAh akan menjaga lampu tetap menyala dan pembeli akan mendapatkan pengisi daya cepat berkabel 90W untuk mengisi dayanya. Ia juga akan mendapatkan solusi pengisian daya nirkabel 50W dan fitur pengisian daya nirkabel terbalik 10W. Sayangnya, Xiaomi 14 Pro yang lebih lengkap dikabarkan hanya akan tersedia di pasar China.

Seri Oppo Reno 11

Perkiraan peluncuran: April 2024

Seri Oppo Reno 11 diperkirakan akan memulai debut globalnya pada awal tahun 2024, menggantikan seri Reno 10. Varian Reno 11 Pro didasarkan pada chip Snapdragon 8+ Gen 1 dan menampilkan layar OLED 6,7 inci 120Hz 1240p, kamera utama Sony IMX890 50 megapiksel, baterai 4.700 mAh dengan pengisian daya berkabel 80W, dan desain yang sangat dimodifikasi dengan gradien warna baru.

Oppo Reno 11, di sisi lain, menggunakan chipset Dimensity 8200 yang sederhana. Sebagai bagian dari pemotongan biaya, ia memilih layar OLED 1080p 6,7 inci dengan tepi melengkung, kamera utama Sony LYT600 50 megapiksel, baterai 4.800 mAh, dan pengisian daya cepat berkabel 67W yang lebih lambat.

Pos terkait