Dinkes Depok Sebut Ada 5 Kasus Cacar Monyet

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melaporkan, terdapat lima laporan kasus dicurigai Monkeypox atau Cacar Monyet di Kota Depok. Data tersebut berdasarkan sistem pelaporan New All Recor (NAR) per 2 November 2023.

“Total ada lima kasus yang dilaporkan di Kota Depok, dengan hasil pemeriksaan negatif Cacar Monyet,” ungkap Kepala Dinkes Kota Depok Mary Liziawati, Jumat (03/11/23).

Bacaan Lainnya

Mary menyebutkan, berdasarkan laporan tersebut, satu kasus dicurigai, gejala tidak masuk kriteria Monkeypox. Sehingga status dikeluarkan dan saat ini kondisi sudah sehat dan untuk laporan kasus ini pasien usia 11 tahun.

Kemudian, jelas Mary, dua kasus suspek atau terduga domisili Depok. Kasus tersebut merupakan hasil pelaporan fasilitas kesehatan (faskes) di Jakarta. Kemudian, dilakukan pemeriksaan dan hasil sampel negatif Monkeypox.

Lalu, ungkap Mary, satu kasus kontak erat tidak bergejala dengan domisili Depok. Kasus tersebut juga merupakan pelaporan dari faskes Jakarta dan hasil pemeriksaan sampel negatif Monkeypox.

“Satu kasus lagi juga suspek domisili Depok yang merupakan pelaporan dari faskes Kota Bogor dengan hasil negatif,” tambah Mary.

“Untuk total kasus ini, satu dengan usia 11 tahun dan empat kasus lainnya usia 23 sampai 37 tahun,” pungkasnya.

Pos terkait