Dua Faktor Penyebab Masyarakat Terjerat Pinjol

Alasan masyarakat memilih pinjol karena terdapat iming-iming bunga yang rendah, persyaratannya mudah dan proses pencairan dana yang cepat

DEPOK – Setidaknya ada dua faktor penyebab masyarakat saat ini terjerat pinjaman online atau pinjol. Hal tersebut diungkap oleh Ketua MT Al-Hidayah, Ustadzah Euis Pujasari dalam Kajian Muslimah (Kamus) Shalihah: Jerat Pinjol Kian Meresahkan, Ahad (29/11/2023) di Masjid Jami At-Takwa Depok.

Pertama, faktor internal. “Penyebab masyarakat terjerat pinjol di antaranya karena untuk membayar utang orang lain, ekonomi menengah ke bawah, dana cair lebih cepat, memenuhi gaya hidup, karena kebutuhan mendesak, perilaku konsumtif, tekanan ekonomi, membeli gadged baru, membayar biaya sekolah dan literasi pinjol masyarakat rendah,” terangnya di hadapan sekitar 138 peserta.

Bacaan Lainnya

 

Kedua, faktor eksternal. “Adapun pengaruh eksternal yakni lemahnya sistem. Sehingga Teknologi dijadikan peluang oleh para kapitalis dengan memberikan pinjaman ribawi sebagai investasi untuk memperkaya diri,” jelasnya.

Menurutnya, ditambah pula kurangnya edukasi. “Kurangnya pemahaman mengenai bahaya pinjol, baik secara materi ataupun agama menyebabkan banyak masyarakat terjerat pinjol,” bebernya.”

Ia pun menambahkan alasan masyarakat memilih pinjol. “Alasan masyarakat memilih pinjol karena terdapat iming-iming bunga yang rendah, persyaratannya mudah dan proses pencairan dana yang cepat.” [Siti Aisyah]

Pos terkait