Eri Cahyadi Resmikan Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Mbah Ratu

SURABAYA – Walikota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan Reservoir Mbah Ratu, Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Karangpilang dan rehabilitasi jaringan pipa PDAM Surya Sembada Kota Surabaya,Selasa (30/1/2024) di Jalan Ikan Trowani Nomor 1 Perak Barat Krembangan Surabaya.

“PDAM telah melaksanakan arahan dari Walikota agar seluruh warga kota Surabaya terlayani air PDAM melalui 3 proyek strategis ini yaitu Reservoir Mbah Ratu,rumah pompa air beku tambahan IPAM Karang Pilang dan pekerjaan rehabilitasi jaringan pipa sepanjang 142 km. PDAM telah selesai melaksanakan pekerjaan tersebut pada tahun 2022-2023,”ungkap Arief Wisnu Cahyono, Direktur utama (Dirut) PDAM Surya Sembada.

Rumah pompa Mbah Ratu yang diresmikan berlokasi di Jalan Gresik nomor 51, kelurahan morokrembangan, kecamatan Krembangan Surabaya. Rumah pompa Mbah Ratu merupakan program strategis PDAM Surya Sembada yang mulai dibangun pada 30 Mei 2023 dan telah dioperasikan pada 30 Desember 2023 Hingga saat ini.

Rumah pompa Mbah Ratu ini bisa menjadi solusi penambahan tekanan air pelanggan, khususnya 6 Kecamatan di Surabaya Utara ujar Arief Wisnu Cahyono.kecamatan yang dimaksud adalah kecamatan Krembangan,Pabean Cantikan,Semampir,Kenjeran,Tambaksari,Bulak dan sekitarnya.

Selain Rumah Pompa Mbah Ratu,Wali Kota Eri Cahyadi meresmikan secara simbolis Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Karangpilang yang berlokasi di Jalan Raya Mastrip No 56 A Warugunung,Karangpilang Surabaya.Rumah Pompa Air Baku Tambahan ini memiliki 4 unit pompa dengan total kapasitas 1.600 liter perdetik.

Pembangunan Rumah Pompa Air Baku Tambahan IPAM Karangpilang ini bertujuan untuk menjaga kehandalan seluruh unit IPAM Karangpilang,yaitu IPAM Karangpilang 1,2,dan 3 sebelum adanya Rumah Pompa tambahan ini semua pompa air baku telah beroperasi 7 x 24 jam non stop sehingga jika ada kerusakan pada salah satu pompa akan mempengaruhi kuantitas dan kontinuitas air yang diproduksi.Pompa baru diharapkan bisa menjadi pompa pengganti bagi pompa utama. (tok)

Pos terkait