Gara-gara Tanah Longsor, Negeri Larike sempat terisolasi 24 Jam

Kabartoday, AMBON, – Akses lalu lintas dari Kota Ambon menuju Desa Larike dan sekitarnya maupun sebaliknya sempat terhambat kurang lebih 24 jam.

Penyebabnya karena terjadi bencana tanah longsor di jalan raya Baru Layar Desa Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Lokasinya sekitar 50 meter dari kawasan wisata Batu Layar.

Bacaan Lainnya

Peristiwa ini mengakibatkan Negeri Larike dan sekitarnya sempat terisolasi seharian penuh. Jaringan telepon maupun internet tidak ada. Keadaan makin parah karena arus listrik terputus.

Bencana tanah longsor ini terjadi Rabu (12/7/2023) sekitar pukul 15.30 WIT. Material tanah longsor serta beberapa pohon yang tumbang menutup seluruh badan jalan.

Akibatnya akses lalu lintas terhambat. Kendaraan bermotor tidak dapat melewati lokasi tersebut.

Listrik pun padam. Pasalnya, ada tiang listrik yang ikut roboh karena tanah longsor itu. Seharian penuh, jalan raya di TKP tidak bisa dilalui kendaraan.

Setelah terisolasi lebih dari 24 jam, warga Larike boleh menarik nafas lega. Alat berat untuk membersihkan material longsor dari pemerintah tiba di TKP.

Alat berat tiba di lokasi longsor Kamis (13/7/2023) sekitar pukul 16.00 WIT. Proses pembersihan material pun langsung dilakukan.

Ipda Janet S Luhukay, Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Alat berat tiba di lokasi longsor tadi sekitar pukul 16.00 WIT. Proses pembersihan material longsor langsung dilakukan,” ujar Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Janet S Luhukay, Kamis (13/7/2023).

Kegiatan pembersihan dilakukan bersama personil Polsek Leihitu Barat, Koramil 1504-05 Leihitu dibantu warga setempat.

Dalam pembersihan material ini petugas juga menggunakan mesin chain saw untuk memotong batang pohon yang tumbang.

Perwira polisi jebolan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 51 tahun 2022 ini katakan selain pembersihan material longsor, juga dilakukan perbaikan jaringan listrik oleh petugas PLN.

“Untuk perbaikan jaringan listrik, diupayakan agar selesai pada malam ini. Hingga saat ini, petugas PLN masih terus bekerja keras memperbaiki jaringan. Jika belum terselesaikan, diupayakan pekerjaan ini rampung esok hari,” pungkas Janet. (IMRAN)

Pos terkait