Gawat..? Pemko Medan Tidak Akui Produk Negara SKW Dari BNSP

KabarToday l Medan – Beberapa Pimpinan Daerah membuat kebijakan yang berbeda-beda dan tidak mengacu kepada UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Contohnya, Diskominfo Kota Medan, Diketahui Diskominfo dibawah naungan Pemko Medan yang satu ini tidak menerima Wartawan yang memiliki Sertifikat Kompetensi Wartawan ( SKW) yang dikeluarkan Negara melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang berlogo Burung Garuda tersebut.

Tetapi sebaliknya, hanya menerima Wartawan yang memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang di keluarkan oleh Dewan Pers, agar dapat bekerjasama dalam Pemuatan Pemberitaan Pembangunan di Pemko Medan.

Oleh karenanya, beberapa Media yang ada di Kota Medan, secara sepihak diputus kerja sama pemberitaannya oleh Diskominfo Medan. Jika pihak Media, tidak mendapatkan email dari Bagian Pemberitaan Diskominfo Medan, berarti tidak mendapat kerja sama pemberitaan.

Demikian diakui oleh Pegawai Diskominfo Kota Medan, Ahmad Thoriq dan Siska kepada Awak Media.

Untuk memastikan hal tersebut, salah seorang Awak Media bernama W Tambunan kemudian mendatangi Kabid Pemberitaan Diskominfo Pemko Medan Budi di ruangannya, Senin (29/4/2024) lalu.

Kepada Awak Media, Budi memberikan penjelasan, bahwa Ia belum dilibatkan untuk menerima kerjasama Media dalam menyebarluaskan informasi Berita Kegiatan Pembangunan di Pemko Medan.

Budi pun langsung memanggil stafnya bernama Siska, guna menjelaskan kenapa banyak Media tidak dilanjutkan kerjasamanya.

Spontanitas Siska menjawab, bahwa Ia hanya mengikuti petunjuk dan arahan dari Kepala Dinas, yang Surat Edarannya ada di papan pengumuman. Bahwa Media yang diterima bekerja sama dengan Kominfo Medan harus memiliki Sertifikasi UKW dari Dewan Pers.

Siska juga mengatakan, Wartawan yang memiliki Sertifikasi SKS Produk Negara yang dikeluarkan BNSP tidak diterima dan diakui di Pemko Medan. Setelah itu, Siska langsung meninggalkan ruangan Kabid Pemberitaan.

Ditemui di Kantornya di Jalan Pantai Barat Medan, Ketua DPD SPRI Sumatera Utara/Koordinator Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Indonesia Wilayah Bagian Barat Burju Simatupang ST SH, mengenai Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) Produk Negara berlogo Burung Garuda, yang dikeluarkan oleh BNSP, tidak di terima dan diakui di Pemko Medan mengatakan, DPD SPRI SUMUT akan segera menyurati Menkominfo di Jakarta, Walikota Medan, dan Kadis Kominfo Medan, terkait Pernyataan dan kebijakan Kominfo Medan, seperti yang dikatakan Siska tersebut. (Okta)

Pos terkait