Gebyar Hari Tari Sedunia, Kota Solo Menghadirkan Solo Menari 2023

Surakarta, Kabartoday – Solo Menari 2023 hadir mengisi ruang kota sebagai silahturahmi yang menyambungkan semangat egaliter. Ribuan penari, dalam setiap fragmennya, sejak mentari bangun hingga menjelang tidurnya mengajak kita meneteskan semangat mengakrabi tradisi kepada generasi muda.

Ia menyumbang benih subur bagi lestarinya tarian klasik yang nyaman bersanding dengan liuk-liuk gerakan yang lahir terbaru di jaman kini.

Bacaan Lainnya

Dari tari Bedayan hingga hip-hop di Solo Menari, Sabtu 29 April 2023 pk 07.00 wib – 24.00 wib untuk Hari Tari Sedunia 2023.

Bertajuk ‘Dancing Public Place’ kegiatan Solo Menari nantinya hanya akan diadakan dalam satu hari.

Menariknya, kegiatan Solo Menari juga tak hanya dihelat di satu tempat saja. Para penari akan berinteraksi dengan masyarakat sekitar lokasi, di antaranya di Kampung Batik Kauman, Mal Solo Paragon, dan Balai Kota Surakarta.

Pembukaan Solo Menari 2023 dilaksanakan di Koridor Ngarsopuro Jalan Diponegoro. Tari Massal Bedhayan Naradipta mengawali dibukanya performing art dari kareografer Rustini, Sutradara Solo Menari, Boby Ari Setyawan sengaja memilih tarian tersebut sebagai opening karena dinilai menjadi cerminan filosofi Kota Solo.

Tari Bedhayan Naradipta didominasi dengan kostum warna putih. Warna tersebut mencerminkan harapan suci masyarakat untuk menyambut dan menghantarkan seorang pemimpin yang merakyat dan berkilau.

Dihadiri oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno, Gusti Bhre Sudjiwo dan Walikota Solo Gibran Rakabumi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, Solo Menari 2023 telah menjadi kharisma event nusantara.

“Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengucapkan selamat kepada pelaku seni, budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya masyarakat Solo karena Solo Menari 2023 ini telah terpilih menjadi kharisma event nusantara,” kata Sandiaga dalam pembukaan Solo Menari 2023 di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/4/2023). (Atma)

Pos terkait