Harga Beras Meroket, Polisi di Ambon Konsisten Bagi Beras Gratis

Aipda Edy B Tetelepta,SH, anggota Ditreskrimsus Polda Maluku membagikan beras gratis kepada warga kurang mampu

Kabartoday, AMBON – Dalam sepekan terakhir ini, harga kebutuhan pokok terutama beras meroket. Tak tanggung-tanggung, kenaikan harga beras di Kota Ambon bisa mencapai 30 persen hingga 40 persen dari harga sebelumnya.

Beras premium kemasan 5 kg saja saat ini harga terendah di pasaran sekitar Rp. 90 ribu. Sedangkan beras medium dijual dengan harga terendah Rp. 70 ribu

Bacaan Lainnya

Kenaikan harga beras ini membuat masyarakat kurang mampu makin menjerit. Mereka akan bersyukur kalau bisa makan dua kali sehari dengan menu seadanya.

Terhadap kenaikan harga beras ini, menimbulkan aksi simpatik kemanusiaan kelompok warga di beberapa tempat. Ada komunitas anak sekolah, ada komunitas biker motor dan beberapa kelompok lainnya. Mereka membagikan paket beras gratis kepada warga yang memang sangat membutuhkan.

Di Kota Ambon, ada seorang polisi yang selalu rutin membagikan beras gratis kepada kaum dhuafa. Setiap hari Jumat dengan program Jumat Berkah, polisi bernama Aipda Edy B Tetelepta,SH ini berbagi berkah kepada sesama. Dia bertugas di Ditreskrimsus Polda Maluku.

Seperti yang ia lakukan di Jumat (23/2/2024). Waktu membagikan beras ini sebelum umat Muslim melaksanakan ibadah Sholat Jumat.

Sebanyak 25 karung beras kemasan 5 kg dia siapkan dan dibagikan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

20 karung ia bagikan kepada masyarakat di kompleks tempat tinggalnya di kawasan Jalan Baru, RT 003/RW004 Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Sedangkan 5 karung lainnya ia bagikan kepada lima ibu janda di kompleks Bukit Horeb RT 002 RW 004 Kelurahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Sekitar pukul 10.30 WIT, terlihat sejumlah warga kurang mampu di kawasan Jalan Baru mendatangi kediaman Aipda Edy untuk menerima beras gratis ini.

Saat menerima bantuan beras ini, warga terlihat tak mampu menahan haru. Pasalnya mereka merasa sangat terbantu dengan aksi kemanusiaan anggota polisi ini.

Ibu Jahalia Hitimala, warga RT 003 RW 004 Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, menerima beras gratis dari Aipda Edy B Tetelepta.

Ibu Jahalia Hitimala, mengaku kehidupannya sangat terbantu dengan program Aipda Edy. Sebagai seorang janda, ia memiliki keterbatasan ekonomi. Sudah hampir lima tahun dia rutin mendapat bantuan beras ini.

“Terima kasih pak Edy. Bantuan yang bapak berikan ini sungguh sangat membantu hidup saya sebagai seorang janda. Sudah hampir lima tahun, sejak sebelum corona melanda, pak Edy sudah memperhatikan kami. Terima kasih pak Edy,” ujarnya lirih tak mampu menahan haru.

Demikian pula diungkapkan Rahman, penarik becak yang sudah lanjut usia. Pria yang tinggal di kawasan STAIN, Desa. Batu Merah, mengaku dengan seringnya mendapat bantuan beras gratis ini bisa membantu kehidupan keluarganya.

Terkait aksi kemanusiaan anggota polisi ini, Nuraeni Sanduan selaku Ketua RT 003 RW 004 Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon sangat mengapresiasi apa yang dilakukan anggota polisi ini.

Nuraeni Sanduan, Ketua RT 003 RW 004 Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon

“Itu ikhlas dari beliau secara pribadi dengan kegiatan Jumat berbagi. Saya menilai aksi kemanusiaan ini bukan untuk mencari popularitas menunjukkan kepada beliau untuk mencari nama, bukan seperti itu. Memang beliau seperti itu orangnya. Suka membantu sesama yang membutuhkan,” ungkapnya.

Ketua RT beberkan aksi ini bukan baru dilakukan, tetapi sudah berjalan beberapa tahun lalu.

“Aksi ini sudah lama dari sebelum covid juga namun beliau tidak mau untuk dipublikasikan seperti itu. Beliau berbagi kepada para janda, fakir miskin, tukang becak serta siapa saja yang membutuhkan,” bebernya.

Apalagi saat ini dengan harga beras yang melambung tinggi, warga merasa sangat bersyukur dengan bantuan ini.

Ketua RT ini ungkapkan juga selain berbagi beras, polisi yang mendapat julukan Polisi Berhati Malaikat ini ternyata juga sering membelikan jajanan nasi kuning lalu dibagikan kepada para tukang becak di kompleksnya.

Ungkapan syukur juga disampaikan Ibu Helena Fatlolona/Erupley, seorang ibu janda di RT 002 RW 004, Kelurahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe.

Ibu Helena Fatlolona/Erupley, warga RT 002 RW 004 Kelurahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe penerima bantuan beras gratis dari Aipda Edy B Tetelepta.

Ibu ini sudah lebih setahun terakhir menerima sentuhan kasih Aipda Edy ini. Dia bersyukur karena sebagai seorang janda, masih bisa mendapat bantuan beras untuk membantu kehidupan keluarganya.

“Sungguh saya sangat bersyukur karena pak Edy polisi ini mau memperhatikan kami ibu janda. Bantuan beras ini sangat berharga bagi kami karena dapat membantu kehidupan keluarga. Kami do’akan semoga apa yang pak Edy lakukan ini mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dengan rejeki yang berlimpah serta kesuksesan dalam tugas sebagai seorang polisi,” ujarnya.

Aksi kemanusiaan ini sudah dilakukan Aipda Edy sejak tahun 2019 lalu. Ia rela merogoh kocek pribadinya untuk membantu sesama.

Saking rutinnya dia berbagi, Aipda Edy ini mulai dikenal masyarakat dengan sebutan Polisi Berhati Malaikat di Polda Maluku karena aksi kemanusiaan yang sudah bertahun tahun dilakukan. (IMRAN)

Pos terkait