Hari Kedua Operasi Patuh Salawaku 2023, Pelanggar Tak Pakai Helm Masih Dibina

Kabartoday, AMBON – Hari kedua pelaksanaan operasi patuh Salawaku 2023 di wilayah hukum Polda Maluku, pengendara sepeda motor yang tidak gunakan helm masih dibina petugas.

Hal ini terlihat saat tim mobile Kamseltibcar Ditlantas Polda Maluku memergoki seorang pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm melintas di jalan Sultan Hairun, Kota Ambon, Selasa (11/7/2023) sekira pukul 10.00 WIT.

Bacaan Lainnya

Saat itu, tim mobile menggunakan mobil patroli Ditlantas Polda Maluku di bawah pimpinan Kanit Sie Dikmas AKP Fransisca Iwane melintas di jalan Sultan Hairun. Mereka memergoki seorang pemuda sedang mengendarai sepeda motor Yamaha Mio 125 warna kuning hitam tanpa menggunakan helm.

Tak menunggu lama, Iwane langsung meminta anggotanya menghentikan mobil patroli. Bersama beberapa anggotanya, Iwane langsung mendatangi pemuda tersebut.

Petugas sempat berdialog sebentar dengan pemuda pelanggar. Kemudian diberi edukasi terhadap pelanggaran yang ia lakukan dengan tidak menggunakan helm.

Petugas katakan dengan tidak menggunakan helm saat berkendara telah melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kemudian petugas meminta pemuda tersebut untuk memakai helm. Petugas pun membantu pemuda tersebut menggunakan helm.

AKP Fransisca Iwane, Kanit Seksi Dikmas Ditlantas Polda Maluku

“Tadi itu kita temukan pelanggaran kasat mata. Tidak menggunakan helm,” ungkap Iwane kepada media ini, Selasa (11/7/2023)

Ia jelaskan bila pengendara tidak menggunakan helm SNI, selain melanggar aturan Lalu Lintas, yang paling penting adalah soal keselamatan pengendara.

“Bila terjadi musibah atau kecelakaan, bisa berakibat fatal. Bahkan nyawa bisa melayang. Karena itu, sangat penting bagi pengendara bermotor maupun boncengan untuk wajib menggunakan helm,” jelas Iwane.

Mantan Kapolsek Taniwel Timur ini katakan terhadap pemuda tersebut, personilnya hanya memberi teguran lisan dan memberi edukasi tentang pentingnya menggunakan helm saat berkendara.

Mereka juga meminta agar pemuda tersebut tidak mengulangi perbuatannya tidak menggunakan helm, maupun pelanggaran lain terhadap aturan berlalulintas. (IMRAN)

Pos terkait