Ini Kata Guru Dindik TK Karya Bakti : Petingnya Hiburan di Hari Libur Bagi Anak Usia Dini

SURABAYA – Jalan-jalan ternyata tidak hanya sebagai hiburan bagi anak. Namun, dapat memberikan berbagai manfaat untuk tumbuh kembangnya.

Mengisi liburan sekolah atau liburan akhir pekan dengan mengajak anak jalan-jalan tentu sangat menyenangkan. Meski penuh tantangan, namun pengalaman yang diperoleh akan jauh lebih besar. Anak juga memiliki memori yang bisa ia kenang saat dewasa nanti.

Lingkungan luar merupakan tempat yang tepat untuk mendidik anak menjadi pribadi yang kuat, mandiri, cerdas, serta bisa bersosialisasi dengan baik. Oleh karena itu, mengajak anak jalan-jalan dapat memberikan berbagai manfaat, diantaranya.

Mengajak anak jalan-jalan ternyata tak hanya membuat anak terhibur, namun juga bisa menstimulasi pengembangan otak anak. Sebab, dalam liburan keluarga, kita melatih dua sistem genetik yang tertanam jauh di dalam area limbik otak anak, yaitu sistem bermain dan sistem pencarian. Tentunya, kedua hal ini tidak dapat dilakukan di rumah.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Taman Kanak (TK) Karya Bakti, jln Tangkis Turi No ; 2, Surabaya, dengan agenda berliburan atau Tamasyah di Kebun Binatang Surabaya (KBS), dengan di dampingi guru pengajar yakni Guru Ningsih, Yanti, Sum, Rahma.

Dari keterangan Maria Ulfa Sulistyowati, S. Pd selaku Kepala Sekolah TK Karya Bakti, melalui Guru Rahma mengatakan, Rabo (07/02/2024), agenda liburan ini bertajub memperingati hari Isra Mi’raj dan cuti bersama. Antusias riang gembira anak didik TK Karya Bakti dan pengantar orang tua anak didik.”

“Selain memperingati hari Isra Mi’raj dan cuti libur bersama, juga mengenalkan satwa binatang yang ada KBS tersebut kepada anak didik TK Karya Bakti agar memahami bahwa Nusantara Indonesia mempunyai berbagai macam hewan satwa.

Masih kata Rahma, liburan yang dilakukan TK Karya Bakti ini, juga bisa mengembangkan pertumbuhan diri, kesehatan fisik, harga diri, kemandirian, kreativitas, dan rasa pencapaian.

“Dan mengasah kreativitas, bahkan rekreasi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental pada si-anak didik, serta dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan pribadi,” pungkas Rahma. (tok)

Pos terkait