Inovasi Warga Ratujaya Ciptakan Mesin Pencacah Sampah

Uniknya mesin ini terbuat dari gentong berbahan besi, mesin gerinda, dan alat penggeraknya dari mesin cuci yang sudah tidak terpakai

DEPOK – Warga Kampung Setaman RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung membuat inovasi mesin pencacah sampah organik.

Uniknya mesin ini terbuat dari gentong berbahan besi, mesin gerinda, dan alat penggeraknya dari mesin cuci yang sudah tidak terpakai.

Bacaan Lainnya

Ketua RW 07 Kelurahan Ratujaya, Sanusi menjelaskan, mesin pencacah sampah ini beroperasi menggunakan listrik. Warganya terinspirasi dari blender yang dapat mencacah buah hingga tersisa ampasnya saja.

“Mesin ini untuk merajang (mencacah) sampah organik seperti sampah daun dan bekas makanan, nanti hasilnya diolah menjadi campuran pupuk kompos,” jelasnya, Selasa (02/01/24).

Menurutnya, sampah organik berupa sisa sayuran, buah, daun-daun dan ranting pohon adalah cara untuk mempercepat proses pengomposan. Namun, bahan baku organik harus dicacah terlebih dulu agar menjadi ukuran kecil.

“Hasilnya dijemur sampai kering, lalu dicampurkan ke pupuk kompos. InsyaAllah tanah semakin subur, tanaman juga cepat tumbuhnya,” ucap Sanusi.

Dia menuturkan, mesin pencacah ini merupakan inovasi terbaru warganya usai mengikuti pelatihan dan pembinaan Teknologi Tepat Guna dari Pemerintah Kota Depok. Dengan memanfaatkan peralatan seadanya, mesin tersebut berhasil dibuat.

“Kami berharap sampah itu dapat berhenti di sektor lingkungan (RW) tidak sampai ke TPA Cipayung. Sampah organik kemudian diolah yang non organiknya dikelola jadi barang terpakai kembali, jadi bisa diterima semua kalangan anak-anak sampai orang tua,” pungkas Sanusi.

Pos terkait