Jamaah Pinggiran Bagus, Berburu Malam Ganjil Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

KabarToday|SURABAYA – Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat istimewa bagi umat Islam. Tidak heran jika kaum Muslim pun “berburu” dan menantikan malam yang disebut lebih baik dari Seribu bulan tersebut.

Momen menantikan dan berburu malam istimewa tersebut dimanfaatkan orang muslim dan muslimat untuk beribadah dan berdoa, Lailatul Qadar disebut juga sebagai malam seribu bulan.

Dalam momen Lailatul Qadar di bulan suci Ramadhan ini, pengajian Qur’an dan hadits jamaah Pinggiran Bagus yang bertempat di jln Teluk Kumai Timur 135 ini, berburu malam ganjil (Lailatul Qadar).

Menurut keterangan Agus Setiawan dengan sapaan akrabnya Mbah Wawan mengatakan, Rabo (03/04/2024) dini hari, Lailatul Qadar hanya bisa diketahui oleh setiap muslim berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW.

“Keutamaan malam Lailatul Qadar juga menjadi waktu bagi para malaikat untuk turun dan mengatur urusan manusia. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Qadr ayat 4 bahwa: “Pada malam itu turun para malaikat dan Rūḥ (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan,” ucapnya.

Hal ini, masih kata Mbah Wawan, membuat seseorang akan terdorong untuk melakukan kebaikan karena malaikat bersama diri mereka.

“Tak hanya didampingi oleh para malaikat, keistimewaan Lailatul Qadar juga menjadi waktu dilimpahkannya kesejahteraan,” katanya.

Masih lanjut kata mbah Wawan, dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW juga pernah bersabda bahwa siapa saja yang beribadah pada malam Lailatul Qadr dengan iman dan takwa akan mendapatkan pahala seperti beribadah selama seribu bulan atau lebih dari 83 tahun.

“Menghidupkan malam Lailatul Qadr juga bisa menjadi sarana untuk menghapus dosa-dosa kita,”ujarnya.

Mbah Wawan menambahkan, tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar banyak Malaikat Turun ke Bumi : Banyaknya malaikat yang turun ke bumi pada malam tersebut hingga waktu Subuh dan dipimpin oleh malaikat Jibril, langit Tampak Cerah, Matahari Terbit Lebih Cerah, Mimpi Baik, terjadi pada 10 Malam Terakhir Ramadan dan terjadi pada Malam Ganjil,”tutupnya. (tok)

Pos terkait