Jebolan Bintara TNI/Polri Tahun 2004 di Maluku Berbagi Berkah di Panti Asuhan

Komunitas zAzg Polri dan Combat TNI berbaur bersama anak anak yatim Panti Asuhan Al Madinah usai acara buka puasa bersama.

Kabartoday, AMBON – Bintara Polri Angkatan 24 zAzg dan Bintara PK 11 TNI Tri Matra (Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara) menggelar buka puasa bersama dengan anak-anak yatim di Panti Asuhan Al Madinah, Wara Air Kuning, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu (3/4/2024).

Selain buka puasa bersama, komunitas zAzg Polri dan Combat TNI juga memberikan bantuan sembako serta santunan ke Panti Asuhan serta langsung ke anak anak yatim penghuni Panti sebanyak 88 orang.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan berbagi kasih di bulan Ramadhan ini, turut terlibat Community Survive Big Family, dan mahasiswa FKIP Program Studi Bahasa Inggris Universitas Pattimura Ambon.

Saat menanti waktu berbuka, Ketua Angkatan PK 11 TNI AD Combat Letda Inf Rusli Suneth memberikan sedikit motivasi kepada anak anak Panti Asuhan.

Letda Inf Rusli Suneth, Ketua Angkatan PK 11 TNI – Combat sedang memberikan motivasi kepada anak anak yatim. Panti Asuhan Al Madinah Ambon saat acara buka puasa bersama.

“Kehadiran kami dari alumni PK 11 TNI Tri Matra dan Alumni Bintara Polri Angkatan 24 zAzg bersilaturahmi dan ingin berbagi kebahagiaan dengan adik adik di sini. Harapan kami, kiranya adik adik bersekolah dengan baik dan bisa gapai cita cita. Mungkin ada yang ingin menjadi tentara atau polisi atau pun juga ada yang niat kuliah,” ungkap Rusli yang sehari hari berdinas di Secaba Rindam XVI/Pattimura.

Saat tiba waktu berbuka, semua yang hadir menggelar doa bersama sebelum berbuka puasa. Usai buka puasa, dilanjutkan dengan sholat maghrib di Masjid Al Madinah.

Pemberian santunan kepada anak anak yatim di Panti Asuhan Al Madinah

Usai sholat Maghrib, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian santunan kepada anak anak yatim. Satu persatu anak yatim menerima santunan yang diserahkan perwakilan Community Survive Big Family.

Santunan juga diberikan kepada pihak yayasan pengelola Panti Asuhan. Ketua Bintara angkatan 24 zAzg Aipda Edi Budiono Tetelepta didaulat untuk menyerahkan santunan kepada seorang ustazah mewakili yayasan.

Aipda Edi B Tetelepta,SH (Ketua zAzg Polri) memberikan santunan kepada perwakilan Panti Asuhan Al Madinah.

Diserahkan pula bantuan sembako dari perwakilan Prodi Bahasa Inggris FKIP Unpatti, dilanjutkan dengan makan bersama

Terhadap kegiatan sosial ini, Letda Inf Rusli Suneth, Ketua Angkatan PK 11 TNI Combat katakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan terutama terhadap adik adik di Panti Asuhan ini.

Ia beberkan aksi aksi kemanusiaan seperti ini bukan baru pertama dilakukan oleh alumni Bintara TNI/Polri tahun 2004, tetapi sudah sering kali sejak mereka menjadi bagian dari abdi negara pada tahun 2004 lalu.

“Mewakili rekan rekan di wilayah Maluku dan Maluku Utara disela-sela buka puasa bersama anak Yatim ini sudah 20 tahun lebih sejak 2004 silam, PK 11 TNI dan Bintara Polri Angkatan 24 zAzg bersinergi baik dalam hal pekerjaan hingga aksi-aksi kemanusian,” beber Suneth.

Ia jelaskan, selama ini hubungan sesama rekan TNI/Polri jebolan tahun 2004 selalu harmonis setiap waktu. Saat ini mereka sudah 20 tahun mengabdi untuk keutuhan NKRI.

“Sejak tahun 2004 hingga 2024, kita selalu lakukan mediasi dan kerja sama. Sebelum-sebelumnya juga sudah kita lakukan di berbagi Panti Asuhan dan lainnya. Dan Alhamdulillah, hari ini kita lakukan di panti asuhan Al Madinah,” tukas Rusli Suneth.

Suneth berharap dengan kehadiran TNI-Polri, Mahasiswa Unpatti Ambon, dan Community Survive Big Family tengah anak-anak Yatim di panti Asuhan Al-Madinah bisa menjadi motivasi bagi anak anak yatim.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran kita disini bisa menambah motivasi adik-adik kita disini (Yayasan Al-Madinah) untuk belajar untuk melanjutkan cita-cita mereka yang lebih tinggi. Mudah-mudahan adik-adik kita juga punya motivasi untuk masuk menjadi TNI-Polri,” pungkasnya.

Letda Inf Rusli Suneth (Ketua Combat) dan Aipda Edi B Tetelepta,SH (Ketua zAzg).

 

Sementara ketua Bintara Polri Angkatan 24 zAzg, Aipda Edi Budiono Tetelepta jelaskan, buka puasa bersama dan silaturahmi dengan anak-anak Yatim di Panti Asuhan selain untuk meningkatkan ibadah juga untuk mengamalkan kebaikan serta sedikit berbagi rezeki dari TNI-Polri terutama komunitas zAzg dan Combat.

“Kegiatan ini juga kami menggandeng salah komunitas sopir mobil pangkalan Ambon, Community Survive Big Family, untuk sama-sama kita mengamalkan kebaikan dengan memberikan santunan untuk anak Yatim dan bantuan untuk Yayasan (Al Madinah) dalam hal pengelolaan untuk kepentingan anak yatim,” ucap Edi.yang saat berdinas di Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Maluku.

Edi berharap lewat kegiatan ini juga bisa mendorong motivasi anak-anak sehingga menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara.

“Dan harapannya, kegiatan seperti ini dapat berlangsung seterusnya sehingga bisa memupuk kesatuan dan persatuan antara TNI-Polri selaku abdi negara dengan masyarakat,” harap Edi.

Dikesempatan itu, Edi juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) pasca Pemilu 2024, terkhusus di bulan Suci Ramadan ini.

“Dan ini juga sudah menjadi arahan dari Pangdam Pattimura dan juga Kapolda,” tegasnya.

Sementara pihak Yayasan Al-Madinah menyambut dengan hangat niat baik dan kehadiran TNI-Polri di tengah-tengah anak Yatim.

“Kami sangat berterima kasih dengan kehadiran bapak-Ibu TNI-Polri, Community Survive Big Family, dan mahasiswa. Kami tidak bisa membalas kebaikan ini, kami hanya bisa mendoakan semoga bisa menjadi amal ibadah, dan selalu diberkahi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas,” kata Bahtiar Ode, Kepala Panti Asuhan. (IMRAN)

Pos terkait