Jelang HUT ke 52, Basarnas Ambon Gelar Baksos Donor Darah

Baksos donor darah Kantor Basarnas Ambon Jelang HUT ke 52

Kabartoday, AMBON – Kantor Basarnas Ambon gelar bakti sosial (baksos) donor darah Kamis (22/2/2024). Puluhan pendonor ambil bagian menyumbang darahnya untuk kemanusiaan.

Aksi donor darah yang digelar di ruang rapat lantai II Kantor Basarnas Ambon untuk menyongsong Hari Bakti Basarnas ke 52 pada 28 Februari 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

Kepala Basarnas Ambon M Arif Anwar ungkapkan baksos donor darah ini digelar di seluruh kantor Basarnas di Indonesia.

Muhammad Arif Anwar, Kepala Basarnas Ambon

“Kegiatan telah dibuka resmi oleh bapak Kepala. Basarnas dan diikuti seluruh kantor basarnas melalui virtual,” ungkapnya kepada media ini di sela-sela kegiatan Kamis (22/2/2024).

Mantan kepala Basarnas Mamuju Sulawesi Barat ini katakan dalam aksi donor darah ini ditargetkan dapat terkumpul 52 kantong.

“Angka 52 ini sesuai dengan usia Basarnas yang akan kita peringati sepekan ke depan. Dan hasil donor hari ini akan kita sumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Arif.

Pelibatan peserta dalam baksos ini jelas Arif sebanyak 15 instansi potensi SAR diantaranya Yonmarhanlan IX Ambon, Bakamla Zona Timur, Polairud Polda Maluku, Guspurla III, Lanud Pattimura, DWP UP Kansar Ambon, serta Anggota Internal dan Honorer Kantor SAR Ambon.

Selain donor darah, Arif beberkan masih ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jelang puncak HUT pada tanggal 28 Februari nanti.

“Kami juga akan lakukan bakti sosial berkunjung ke dua Panti Asuhan. Juga ada kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan serta beberapa mata lomba di kalangan internal Basarnas Ambon,” tandasnya.

Ia tegaskan, di usia matang 52 tahun ini Basarnas akan terus bersinergi dengan seluruh potensi SAR dalam melakukan pencarian dan pertolongan.

“SAR tidak bisa bertugas sendiri. SAR itu adalah tugas kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab semua pihak. Namun dalam hal ini leading sektornya adalah Basarnas dalam pencarian dan pertolongan sesuai dengan Undang Undang Nomor 29 tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan,” pungkasnya.

Dari target 52 kantong, ternyata berhasil terkumpul 55 kantong darah dari para pendonor. Semua kantong darah akan didonasikan kepada masyarakat melalui PMI Kota Ambon.

Kepala Basarnas Ambon M Arif Anwar sedang mendonorkan darahnya.

Arif sendiri ikut mendonorkan darahnya bersama dengan Kepala Bagian Umum Susanto serta Kepala Seksi Operasi Andri AH.

Sebelum donor darah di mulai, seluruh peserta dan undangan mengikuti acara pembukaan secara live yang digelar Kantor Pusat Basarnas, Kemayoran Jakarta Pusat.

Kepala Basarnas RI Marsdya TNI Kusworo dalam sambutannya katakan kegiatan bakti sosial donor darah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut hari ulang tahun yang ke-52 Basarnas pada tanggal 28 Februari 2024.

Peserta serta tamu undangan sedang mengikuti pembukaan acara donor darah serentak secara virtual dari Kantor Pusat Basarnas.

“Saya bangga dan bersyukur bisa berdiri di tempat ini, di hadapan bapak-ibu semua, untuk bersama-sama memberikan bantuan kepada sesama melalui sumbangsih darah kita,” katanya.

Kegiatan donor darah ini menurutnya merupakan symbol kepedulian dan keberanian untuk berbagi. Donor darah itu tindakan mulia yang sederhana namun berdampak luar biasa!

“Setiap tetes darah yang bapak/ibu sumbangkan pada hari ini sangat berarti untuk kehidupan saudara-saudara kita yang membutuhkan. Darah yang terkumpul dari kegiatan kita hari ini, memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa, memberikan harapan kepada mereka yang sedang berjuang melawan penyakit, pemulihan kesehatan, atau menghadapi keadaan darurat,” pungkas Kusworo. (IMRAN)

Pos terkait