Jelang HUT, Polwan Maluku Gelar Bakti Religi dan Bakti Sosial

Kabartoday, AMBON – Korps Polisi Wanita (Polwan) akan berulang tahun ke 75 pada tanggal 1 September 2023 mendatang.

Tema umum yang diusung pada HUT tahun ini adalah “Polri presisi untuk negeri Polwan siap mendukung Pemilu damai menuju indonesia maju“.

Bacaan Lainnya

Di wilayah hukum Polda Maluku, Polwan terus menggelar kegiatan di tengah masyarakat jelang HUT mereka.

Kegiatan termutakhir, Polwan Polda Maluku serta Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menggelar dua kegiatan bakti pada Rabu (9/8/2023).

Kegiatan pertama adalah bakti religi pada rabu pagi. Pura Giwa Stana Giri di kawasan Taman Makmur Kecamatan Nusaniwe menjadi pusat kegiatan.

Polwan Maluku membersihkan jalan menuju Pura Giwa Stana Giri di Kawasan Taman Makmur, Kecamatan Nusaniwe Ambon.

Di rumah ibadah umat Hindu ini, puluhan Polwan membaur kerja bakti membersihkan sekeliling Pura. Terlihat para Polwan yang rata-rata juga sebagai ibu rumah tangga ini sangat cekatan dalam hal bersih-bersih.

Mereka membersihkan rumput-rumput liar serta sampai yang ada di sekeliling Pura. Dalam sekejap, rumah ibadah ini terlihat makin bersih.

Para Polwan ini berharap lewat bakti religi ini dapat memupuk  jiwa toleransi antar umat beragama.

Kegiatan ini dikoordinir empat perwira Polwan yang berdinas di Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease. Mereka adalah Kasat Binmas Polresta Ambon Komisaris Polisi Sarah Lessil, Kapolsek Teluk Ambon Baguala Ajun Komisaris Polisi Meity  Jacobus, Inspektur Dua Maany  Hasim dan Inspektur Dua Janet Luhukay serta 20 Polwan Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Para Polwan Maluku usai bakti religi di Pura Giwa Stana Giri Ambon, Rabu (9/8/2023)

AKP Meity Jacobus yang didapuk sebagai Ketua Seksi Bakti Religi dan Bakti Sosial Panitia HUT Polwan ke 75 ini katakan lewat bakti religi ini diharapkan keberadaan Polwan bisa semakin meningkatkan toleransi antar umat beragama.

“Bakti Religi dilaksanakan guna memupuk rasa toleransi antar umat beragama. Selain itu juga agar keberadaan Polwan semakin terasa dekat dengan masyarakat” tutur Meity.

Kegiatan bakti kedua adalah bakti sosial. Para Polwan ini memilih Panti Sosial Tresna Werdha Ina-Kaka di Negeri Passo Kecamatan Teluk Ambon Baguala sebagai lokasi kegiatan.

Mereka membaur dalam kebersamaan dengan para penghuni panti yaitu orang yang lanjut usia (lansia). Para Polwan ini sempat trenyuh melihat keberadaan para penghuni panti sosial ini. Mereka serasa berada bersama dengan orang tua sendiri.

Dalam bakti sosial ini, para Polwan memberikan bantuan untuk keperluan para orang tua ini. Bantuan yang diberikan berupa beras, telur, biskuit dan beberapa bahan lainnya.

AKP Meity Jacobus serahkan bantuan secara simbolis kepada pengurus Panti Sosial Tresna Werdha Ina-Kaka di Negeri Passo Ambon.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh AKP Meity Jacobus ke pengurus Panti Sosial yang menampung warga lansia yang kurang mampu.

“Semoga bantuan kami yang sederhana ini dapat membantu dan memenuhi kebutuhan pokok  para lansia di panti sosial ini,” ujar Meity mewakili harapan semua Polwan Maluku.

Saat ini, penghuni Panti Sosial Tresna Werdha Ina-Kaka ini menampung 34 lansia terdiri dari 19 Laki-laki dan 15 perempuan. (IMRAN)

Pos terkait