Joe Biden Dikepung Puluhan Ribu Demonstran Pro Palestina

“Biden, Biden, kamu tidak bisa bersembunyi; Anda melakukan genosida,” teriak para demonstran.

WASHINGTON – Puluhan ribu orang berkumpul di ibu kota Amerika Serikat untuk menuntut gencatan senjata di Gaza ketika Washington terus menolak seruan untuk mengakhiri perang meskipun jumlah korban tewas meningkat.

Para demonstran di Washington, DC pada hari Sabtu mengarahkan kemarahan mereka kepada Presiden AS Joe Biden, menuduhnya memungkinkan terjadinya genosida terhadap warga Palestina.

Bacaan Lainnya

“Biden, Biden, kamu tidak bisa bersembunyi; Anda melakukan genosida,” teriak para demonstran.

Para ahli PBB telah memperingatkan meningkatnya risiko genosida di Gaza di tengah pemboman tanpa henti yang dilakukan Israel terhadap wilayah tersebut, yang diluncurkan sebagai tanggapan atas serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober terhadap komunitas Israel selatan.

Konvensi Genosida PBB mendefinisikan genosida sebagai “tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok nasional, etnis, ras atau agama”, termasuk pembunuhan dan tindakan untuk mencegah kelahiran.

Pemerintahan Biden telah mendesak Israel untuk “meminimalkan” korban sipil, tetapi juga bersikeras bahwa mereka tidak menarik “garis merah” apa pun mengenai cara sekutu AS tersebut melakukan operasi militernya.

Biden juga telah meminta bantuan lebih dari $14 miliar untuk Israel dari Kongres untuk membantu mendanai perang saat ini di Gaza, yang telah menewaskan sedikitnya 9.488 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan di daerah kantong yang diperintah Hamas.

Banyak pengunjuk rasa pada demonstrasi hari Sabtu menyerukan diakhirinya bantuan AS kepada Israel. Demonstrasi tersebut membentang beberapa blok dari Freedom Plaza, dekat Gedung Putih, ke arah timur menuju US Capitol.

Pos terkait