Jokowi Datang, Labura Semakin Matang

KabarToday I Labura – Kerasnya keluhan masyarakat yang diposting selama ini melalui Media Sosial (Medsos), terkait Infrastruktur Jalan yang rusak parah, hingga total mematikan akses keluar masuk menuju PMKota Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), akhirnya kini terjawab.

Hal itu dibuktikan dengan kehadiran Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi) di Bumi Basimpul Kuat Babontuk Elok ini, saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker), Rabu (17/5/2023), dalam rangka meninjau Titik Jalan Rusak yang Viral di IG dan Twitter selama ini. Serta sebelumnya, juga telah diusulkan oleh Pemerintah setempat.

Kedatangan Number One RI ini, seketika merobah wajah Labura menjadi semakin cerah, dengan senyum yang semakin mengembang. Pasalnya, harapan terdalam yang didambakan ribuan masyarakat akan akses jalan yang rusak parah selama ini, tidak lama lagi akan lenyap dari pandangan. Dan dipastikan, alur keluar masuk hasil produksi masyarakat, baik pertanian, perkebunan, home industri, serta lain sebagainya, jelas akan meluncur bebas tanpa lagi terhalang jalan berlubang bak kubangan, juga lumpur disaat musim penghujan, serta debu yang berterbangan, ketika kemarau tiba.

Presiden RI Joko Widodo Didampingi Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, Wagubsu Musa Rajeckshah Dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung Beserta Rombongan Berjalan Kaki Saat Meninjau Jalan Rusak Di Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan – Labura, Rabu (17/5/2023)

Itu pasti, karena selama menjadi Presiden RI, hasil blusukannya ke seluruh pelosok negeri ini, semua tuntas dan terealisasi. Walau itu daerah rawan perang sekalipun. Apalagi untuk Daerah ber Ibu Kota Aek Kanopan ini, Jokowi Datang, Labura Semakin Matang.

Informasi yang dihimpun Media ini, dalam Kunker tersebut, Jokowi tiba di Labura didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, beserta Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajeckshah, Pangdam I/BB Mayjen A Daniel Chardin, Kapoldasu Irjen Panca Simanjuntak, dengan menggunakan helikopter yang bertolak dari Lanud Suwondo, Medan mendarat di Alun – Alun Kota Aek Kanopan, Kabupaten Labura, tepatnya disebelah Kantor Bupati Labura, di ruas Jalan Besar Lintas Sumatera, Pukul 08.25 WIB.

Kedatangan Jokowi dan rombongan ini disambut langsung Bupati Labura Hendriyanto Sitorus, SE, MM, Dandim 0209/LB Letkol Inf. Muhammad Faisal Rangkuty, S.IP, M.IP, , Kapolres LB AKBP James Hasundungan Hutajulu S.I.K, SH, MH, M.I.K, Wakil Bupati H. Samsul Tanjung, ST, MH, dan Sekda H. Muhammad Suib, S.Pd, MM. Serta antusias ratusan masyarakat Labura yang sudah menunggu sejak pukul 06.00 WIB.

Presiden RI Joko Widodo Didampingi Bupati Labura Hendriyanto Sitorus Beserta Rombongan Saat Meninjau Jalan Rusak Di Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan – Labura, Rabu (17/5/2023)

“Pak Jokowi”, teriak masyarakat dengan antusias.

Sebelumnya, oleh Pemerintah setempat, sejumlah kendaraan telah disiagakan sejak Selasa (16/5)2023) untuk membawa presiden dan rombongan nantinya, guna meninjau jalan yang rusak parah, dibeberapa titik ruas jalan yang ada.

Setelah mendarat, Presiden dan rombongan langsung menuju Mobil SUV Land Cruiser untuk meninjau sejumlah jalan rusak dimaksud, seperti yang Viral di Medsos. Salah satunya di Dusun Parit Alam Desa Sonomartani sepanjang 300 meter, hingga menuju Kecamatan Kualuh Leidong.

Menurut Video Viral yang beredar, jalan rusak dimaksud terdapat pada sejumlah titik Jalan yang

menghubungkan 3 Kecamatan di Labura yakni Kualuh Hulu, Kualuh Hilir, dan Kualuh Leidong yang jalannya juga dapat tembus ke Daerah tetangga yaitu Kota Tanjungbalai.

Dimana selama ini, saat melintasi jalan tersebut, Warga setempat harus menerjang Lubang dan Kubangan Lumpur yang menggenangi jalan. Serta kerap ditemui sejumlah kendaraan harus terjebak di dalamnya, bahkan terjerembab dan terbalik.

Bupati Labura Hendriyanto Sitorus Saat Memberikan Keterangan Kepada Presiden RI Ir Joko Widodo Terkait Kondisi Jalan Di Labura

Ternyata, saat melakukan peninjauan di Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan,
Rombongan Jokowi terpaksa harus balik arah karena kondisi jalan yang tidak mendukung.

Hal itu terjadi, karena kendaraan yang membawa rombongan Jokowi tidak dapat melewati jalan rusak di Desa tersebut.

SUV Land Cruiser yang membawa Jokowi tersangkut di jalan yang rusak dan berlubang. Oleh karenanya, Jokowi dan rombongan, memilih berjalan kaki melakukan peninjauan dan putar balik.

Melihat kondisi jalan yang memprihatinkan tersebut, Jokowi berjanji akan memperbaikinya paling lambat bulan Juli mendatang.

“Kedatangan saya guna melihat langsung sarana lokasi akses jalan Nasional yang terlihat rusak parah”, ujar Jokowi kepada Awak Media.

Presiden RI Ir Joko Widodo Saat Memberikan Keterangan Kepada Awak Media Dan Rombongan Tentang Rencana Penangan Perbaikan Infrastruktur Jalan Yang Rusak Parah
Presiden RI Ir Joko Widodo Saat Memberikan Keterangan Kepada Awak Media Dan Rombongan Tentang Rencana Penangan Perbaikan Infrastruktur Jalan Yang Rusak Parah

“Saya tau ini, jalan rusak ini dari media sosial yang videonya viral dan dari pemerintah setempat”, ucap Jokowi.

“Salah satunya ini yang kita lihat di Labuhanbatu Utara. Kemudian yang menuju Tanjung Leidong ada 17 Kilometer dengan keadaan yang sama seperti ini. Ini yang jelas akan Kita perbaiki. Nanti dimulai perbaikannya di lapangan paling lambat Juli”, sebut Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, telah menerima laporan terhitung sebanyak 7400 titik lokasi jalan rusak yang ada di Indonesia saat ini. Salah satunya di Provinsi Sumatra Utara, Kabupaten Labura.

“Bila tidak sanggup atau tidak memiliki anggaran biaya untuk memperbaiki jalannya, Pemerintah Pusat akan mengambil alih untuk segera memperbaiki jalan tersebut”, tegasnya.

“Semua yang di Sumut, tetap sama Kita bagi, ada yang dikerjakan oleh Pak Gubernur, ada yang dikerjakan Pak Bupati. Ada yang diambil alih oleh Pusat, yang kira-kira Provinsi dan Kabupaten tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan”, tegasnya lagi.

Presiden RI Ir Joko Widodo Saat Memberikan Keterangan Kepada Awak Media Dan Rombongan Tentang Rencana Penangan Perbaikan Infrastruktur Jalan Yang Rusak Parah

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya menyoroti banyaknya jalan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara (Sumut) yang rusak parah, sehingga perlu dilakukan penanganan dalam perbaikannya.

“Jalan Kabupaten ini banyak yang rusak. Dari 33 Ribu Kilometer Jalan Kabupaten/Kota di Sumut, yang rusak parah, kira – kira 13 Ribu Kilometer. Salah satunya, yang ini Kita lihat di Labura”, kata Jokowi.

Jokowi batal menuju Desa Sonomartani dikatenakan jalannya yang rusak parah. Bahkan, beberapa kali, mobil yang ditumpangi Jokowi terjerembab di lubang sehingga tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Jokowi meminta Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi untuk memperbaiki jalan rusak berstatus Jalan Provinsi.

Hal yang sama juga disampaikan Jokowi kepada seluruh Bupati dan Wali Kota, untuk memperbaiki jalan rusak berstatus Jalan Kabupaten/Kota.

Usai lakukan kunjungan jalan rusak di Desa Sialang Taji, Jokowi dan rombongan melakukan kunjungan ke SMK PP Labura untuk meninjau Penanaman Bibit Sawit dan Ternak Binaan Sekolah. (Okta)

Kedatangan Presiden RI Ir Joko Widodo Saat Mendarat Di Lanud – Medan

Pos terkait