Kapolda Maluku Kunker ke Saparua

Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum (tengah) sedang memberi arahan kepada personil Polsek Saparua.

Kabartoday, AMBON – Kapolda Maluku Inspektur Jenderal Polisi Lotharia Latif melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Saparua, Kabupaten Maluku Tengah Minggu (17/9/2023).

Di Pulau Saparua, Kapolda menemui anak buahnya yang bertugas di Polsek Saparua.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungannya, Kapolda membawa serta beberapa pejabat utama Polda Maluku antara lain Karo Ops Kombes Pol Asep Saepudin, Karo SDM Kombes Pol Boni J S Sirait, Karo Logistik Kombes Pol Donny Setiawan, Dir Polair Kombes Pol Handoyo Santoso serta Dir Lantas Kombes Pol Rusdy Pramana Suryanagara.

Kapolda dan rombongan tiba pukul 10.00 WIT di Pelabuhan Ihamahu, Kecamatan Saparua Timur.

Saat tiba di Ihamahu, Kapolda disambut Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim.

Turut hadir menyambut rombongan Kapolda antara lain Kapolsek Saparua, AKP Jacob Walalayo, Danramil 1504-03/Saparua, Letda Inf A. Talakua, Ka Pospol Saparua Timur IPDA H. Nanuru serta Ibu-ibu Bhayangkari Sektor Saparua.

Sebelum menuju ke Mapolsek Saparua, Kapolda dan rombongan menyempatkan diri mengunjungi lokasi wisata situs budaya air Sultan Ternate di Desa Tuhaha.

Kapolda Maluku dan rombongan di depan gerbang Taman Benteng Duurstede, Saparua.

Kapolda dan rombongan juga sempat berkunjung ke Benteng Duurstede. Benteng peninggalan penjajah kolonial Belanda saat ini menjadi salah satu destinasi wisata di Pulau Saparua.

Di Benteng Duurstede, Kapolda sempat naik dan melihat beberapa meriam kuno yang menjadi senjata andalan Belanda untuk mempertahankan Benteng tersebut.

Selanjutnya Kapolda dan rombongan menuju ke Mapolsek Saparua. Di sini, Kapolda menemui puluhan anak buahnya yang bertugas di Polsek Saparua.

Di depan para anak buahnya ini, Kapolda Maluku tak sungkan mengucapkan terima kasih.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh personel Polsek Saparua atas dedikasi sehingga situasi kamtibmas di wilayah Saparua aman dan damai,” ungkap mantan Kapolda Nusa Tenggara Timur ini.

Kapolda Maluku di depan Mapolsek Saparua

Lotharia meminta agar seluruh anggotanya terus meningkatkan disiplin dalam menjalankan tugas serta harus menghindari pelanggaran sekecil apa pun yang dapat menurunkan citra kepolisian.

Alumni Akademi Kepolisian tahun 1988-B ini berharap agar seluruh anggota polisi di Polda Maluku tidak terlibat dalam praktek perjudian dalam bentuk apa pun.

“Saya berharap anggota tidak ada yang terlibat judi,” harap Lotharia.

Kepada Kapolsek Saparua dan anggotanya, Kapolda berharap agar bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat serta dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum sedang melihat ruang tahanan Mapolsek Saparua.

Di Mapolsek Saparua, Kapolda berkeliling melihat semua sudut Mapolsek berkualifikasi urban.

Kapolda sempat melihat ruang tahanan serta sejumlah kendaraan bermotor yang diamankan di Polsek Saparua.

Setelah sekitar tiga jam berada di Saparua, Kapolda mengakhiri kunjungan kerjanya pukul 12.55 WIT. (IMRAN)

Pos terkait