Kejari Aru Bantu Pemkab Aru Urus Sertifikat Tanah Wisma Jargaria di Ambon

Kabartoday, AMBON – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru boleh menarik nafas lega karena berhasil mengurus kembali sertifikat tanah tempat berdirinya Wisma Jargaria di Jalan Rijali, Kelurahan Uritetu, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Sejatinya, tanah tersebut telah memiliki sertifikat hak pakai (SHP) nomor 77 yang diterbitkan oleh Kantor Pertanahan Kota Ambon dengan nama pemegang hak adalah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru. Namun beberapa tahun lalu di era kepemimpinan Bupati Teddy Tengko, sertifikat tersebut hilang.

Bacaan Lainnya

Sekarang, Pemkab Kepulauan Aru telah memiliki kembali sertifikat tersebut. Namun untuk mendapatkan kembali sertifikat itu, Pemkab Kepulauan Aru tidak sendirian mengurusnya. Pemkab Kepulauan Aru mendapat pendampingan hukum dari Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Aru melalui Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasi Datun) Karel Benyto.

Dan setelah melalui prosedur sesuai SOP, akhirnya Pemkab Kepulauan Aru kembali memiliki sertifikat hak pakai di atas tanah 330 m2 tersebut. Penyerahan sertifkat ini dilakukan di Kantor Pertanahan Kota Ambon pada Kamis (22/6/2023) sekitar pukul 15.00 WIT.

Saat itu, Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon Syane F Tehupeiory menyerahkan sertifikat kepada Kasi Datun Kejari Aru Karel Benyto mewakili Pemkab Kepulauan Aru.

Dalam prosesi penyerahan sertifikat itu, Karel Benyto didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Aru Meggy Salay dan staf Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kepulauan Aru Marvin Salakay.

Kasi Datun Kejari Kepulauan Aru, Karel Benyto,SH, MH

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Aru Parada Situmorang melalui Kasi Datun Karel Benyto mengaku lega setelah menerima sertifikat pada objek tersebut.

“Kami lega setelah menerima sertifikat yang diserahkan langsung oleh ibu Kepala Kantor Pertanahan Kota Ambon kemarin. Ini menandakan proses pendampingan hukum yang dilakukan kami selaku Jaksa Pengacara Negara di Kejari Aru kepada Pemkab Kepulauan Aru untuk pembuatan ulang sertifikat tanah tersebut berhasil. Buktinya kan sertifikat sudah terbit dan diserahkan ke kami mewakili Pemkab Aru,” ujar Benyto kepada media ini Jumat (23/6/2023) di Ambon.

Benyto tambahkan bangunan Wisma Jargaria yang berdiri di atas lokasi tanah tersebut ditaksir bernilai lima miliar rupiah. (IMRAN)

Pos terkait