Kodam Pattimura Gelar Aksi Bersih Sungai dan Pantai di Dua Provinsi

Kodam Pattimura Gelar Aksi Bersih Sungai dan Pantai di Dua Provinsi
Potret kawasan bawah Jembatan Merah Putih (JMP) Ambon, sebelum dan sesudah aksi bersih bersih Kodam XV/Pattimura.

Kabartoday, AMBON – Kebersihan sungai dan pantai sangat penting untuk menjaga kesehatan lingkungan dan ekosistem sekitar.

Terlihat di beberapa sungai dan pantai yang ada di kota Ambon sebelum dibersihkan, nampak keruh dan kotor karena tercemar oleh sampah plastik dan limbah industri.

Bacaan Lainnya

Hal inilah yang membuat Kodam XV/Pattimura berinisiatif membantu pemerintah daerah dengan menggelar aksi pembersihan sungai dan pantai secara serentak di seluruh jajaran Kodam XV/Pattimura, baik yang di Provinsi Maluku maupun Provinsi Maluku Utara. Tak tanggung-tanggung sebanyak 4.780 personil dari berbagai unsur dikerahkan untuk membersihkan sejumlah sungai dan pantai

Aksi bersih-bersih sungai dan pantai ini digelar dalam menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XV/Pattimura ke 67, yang diperingati setiap tanggal 27 Mei.

Adapun tema HUT ke 67 ini adalah “Dengan semangat basudara Pattimura, kita wujudkan prajurit yang “PRIMA” dan bersatu menciptakan kedamaian dan kemajuan tanah Maluku”.

Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han) dalam amanat yang dibacakan oleh Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoniho Ragel Da Silva, saat membuka apel gabungan pembersihan sungai dan pantai, Rabu (22/5/2024) di bawah Jembatan Merah Putih mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan, bersatu bersama rakyat dengan alam untuk NKRI.

“Kesadaran akan kebersihan lingkungan bukanlah hanya tanggung jawab aparat atau instansi pemerintahan saja, namun juga semua pihak,” tutur Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga berpesan agar seluruh masyarakat yang ada di Maluku maupun Maluku Utara, agar dapat menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah ke sungai dan laut.

Sedikitnya ribuan orang yang terdiri dari aparat TNI-Polri, Mahasiswa, Anak Sekolah, LSM dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat, ikut terlibat turut andil dalam kegiatan pembersihan sungai dan pantai ini.

Timbunan sampah yang didominasi oleh sampah plastik yang terbawa arus air saat hujan, menyebabkan lingkungan sungai dan pantai menjadi kotor, sehingga dikhawatirkan menjadi sarang penyakit.

Dengan menggunakan tangan kosong, alat kebersihan dan perlengkapan lainnya, seluruh peserta pembersihan sungai dan pantai membersihkan sampah, kemudian dimasukan ke dalam kantong plastik lalu diangkut menggunakan mobil pengangkut sampah.

Stev Tomasila, Ketua RT 004/002 Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon mengucapkan terima kasih kepada TNI dalam hal ini Kodam XV/Pattimura, yang telah membantu membersihkan sungai di kawasan tempat tinggal mereka.

Potret saluran air di kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, sebelum dan sesudah aksi bersih-bersih Kodam XV/Pattimura.

“Waktu hujan, karena banyak kotoran sampah sehingga air tidak jalan dan sering timbulkan banjir. Tetapi setelah dibersihkan sekarang, air sungai mengalir lancar dan saya yakin tidak akan ada banjir lagi,” ucapnya.

Kapolsek Nusaniwe Iptu Johan WM. Anakotta yang saat itu juga ikut terjun langsung pada kegiatan tersebut, turut memberikan apresiasi kepada jajaran Kodam XV/Pattimura atas kegiatan positif pembersihan lingkungan ini.

“Saya mengapresiasi Kodam XV/Pattimura karena gagasan pembersihan sungai dan pantai ini, sinergitas TNI-Polri dan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjaga lingkungan”, ujarnya. (IMRAN)

Pos terkait