Lahan Warga Dirusak PT Kaolin Belitung Utama, Aliansi Sekber Babel Surati BLHD

KabartodayBelitung, Diduga pengerusakan  lahan  pribadi  milik  masyarakat yang  dilakukan  Perusahaan Tambang  kembali  terjadi. Hal tersebut  dialami  oleh Ny LS (50)  pemilik  lahan.  Perusahaan Pertambangan  (IUP) PT. Kaolin Belitung  Utama  (KBU) di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten  Belitung.(04/04/2023).

Ny LS  warga Jl. Air Serkuk RT.026/RW.012 Desa Air Saga,  Kecamatan Tanjungpandan,  Selaku  pemilik lahan  yang  berada  di Jl. Sudirman Dalam, Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, seluas 2 Hektar dengan  bukti  kepemilikan berdasarkan  Surat  Keterangan Nomor: 201/SKT/C.01/IV/PRW/2014. Merasa  dirugikan, pengerusakan  lahan  pribadinya oleh PT. KBU.

Bacaan Lainnya

Pada tanggal 30 Maret 2023, Ny LS memberikan  Kuasa  Penuh di atas surat kuasa  bermaterai  kepada Aliansi  Sekber  Babel  yang beralamat  Jalan. Sijuk  RT.021/RW.006, Desa Air Ketekok,  Kecamatan Tanjungpandan.

Dipercayakan  mengurus permasalahan  lahan  miliknya di Jalan. Sudirman Dalam, Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, seluas 2 Hektar yang  rusak  akibat  Aktivitas Pertambangan  yang  dilakukan oleh PT. KBU,” tulis Ny LS  dalam Surat  Kuasanya.

Aliansi  Sekber  Babel  melalui, saudara  Muftadi  selaku  penerima Surat  Kuasa  dari  pemilik  lahan yang  merasa  telah  dirugikan akibat aktivitas  pertambangan.

Aliansi  Sekber  Babel  telah menyurati  Dinas Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD)  Kabupaten Belitung, dengan Nomor surat: 005/SPH/ASB/V/2023. Dengan permohonan  Audit  Lingkungan.

“Kami dari Dewan Pendiri dan Jajaran Keanggotaan di Aliansi Sekber Babel yang beralamat di Desa Air Ketekok, Kecamatan Tanjungpandan, telah mengajukan surat permohonan Audit Lingkungan yang sesuai alamat di SKT Nomor: 201/SKT/C.01/IV/PRW/2014. Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan.

“Yang rusak akibat aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT Kaolin Belitung Utama (PT. KBU).

“Dan surat permohonan Audit Lingkungan telah diterima oleh Bapak Madi selaku Kabid 1 di Dinas Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Belitung,” ujarnya.

“Aliansi Sekber Babel selaku penerima Kuasa akan tetap mengawal dan mendampingi proses Audit Lingkungan dalam permasalahan pengerusakan lahan warga oleh PT. KBU,” ucap Muftadi. (JUN)

Pos terkait