Mafia Solar di Kabupaten Bogor Makin Menjamur, APH Diminta Bersikap Tegas

Kabartoday.co.id, Bogor | Sebuah Truk Colt Diesel dengan Nomor Polisi (B 9062 FDA) yang bermuatan Tank Kempu yang ditutup menggunakan terpal berwarna biru diduga sedang melakukan pengisian bahan bakar jenis solar subsidi dengan jumlah yang tidak wajar.

Diketahui, Truk yang diduga milik mafia solar tersebut, beroperasi di SPBU sekitar pintu Tol Cigombong, tepatnya pada KM 10 Jalan Raya Bogor Sukabumi, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Selasa, 15/05/2023 yang lalu.

Bacaan Lainnya

Saat dikonfirmasi Awak Media, Supir truk tersebut mengatakan bahwa disetiap transaksi dirinya memberikan uang kepada petugas operator SPBU untuk melancarkan aksinya.

“Saya baru kerja bang, daripada nganggur, ini juga saya diupah dua ratus ribu setiap satu rit pengisian, kalau bosnya itu Agus Ompong namanya,” Kata supir yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Ia juga mengungkapkan, dalam satu rit nya kendaraan yang ia kendarai itu mampu mengangkut 4000 liter solar subsidi.

“Kalau kempunya terisi semua, bisa membawa empat ton,” Ungkapnya.

Dengan adanya hal itu, Aparat Penegak Hukum (APH) diminta segera menindak tegas para mafia migas tersebut, khususnya yang beroperasi di wilayah hukum Kabupaten Bogor.

Karena jika mengacu pada Pasal 40 angka 9 UU RI No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang mengubah Pasal 55 UU RI No. 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi Jo Pasal 55 KUHPidana.

Dijelaskan, para pelaku tindak pidana penyalahgunaan, pengangkutan dan/atau niaga bahan bakar minyak, yang disubsidi oleh pemerintah terancam hukuman kurungan penjara paling lama 6 tahun dan denda paling tinggi Rp 60 miliar.

Sampai berita ini diterbitkan, belum diketahui siapa orang yang bernama Agus Ompong yang disebut-sebut oleh supir. Sementara Polres Kabupaten Bogor belum dimintai keterangan mengenai perihal ini.

Pos terkait