Mahfud MD Nyatakan Mundur dari Kabinet Jokowi

Perbaikan menggunakan anggaran Biaya Tidak Terduga (BTT) tahun 2023

JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyatakan mundur dari jabatannya di Kabinet Indonesia Maju. Namun, secara resmi ia berniat memberikan secara langsung surat pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo yang tengah berada di luar kota.

Saat ini Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja di provinsi Jawa Tengah. Sedangkan Mahfud MD juga sedang berkampanye di Provinsi Lampung. Rencananya pada hari Kamis besok rencananya keduanya sudah kembali berada di Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Presiden ada di luar Jakarta sampai Kamis, saya juga baru akan pulang ke Jakarta. Kamis mudah-mudahan kami secepatnya bisa bertemu,” kata Mahfud dalam live Instagram, Rabu (31/1/2024).

Saat dikonfirmasi pada pihak istana apakah Kamis ada agenda pertemuan Jokowi dengan Mahfud, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana belum bisa memastikan.

“Bisa saja, tergantung waktu yg dialokasikan dijadwalkan untuk pertemuan itu ya. Karena pak presiden juga mendaratnya mungkin malam juga,” kata Ari di Kementerian Sekretariat Presiden, Rabu (31/1/2024).

Ia pun belum bisa memastikan apakah Presiden Jokowi sudah mendapat kabar terkait pengunduran diri Mahfud.

“Tentu keinginan itu sudah diketahui karena terpublikasi secara luas dan saat ini juga disampaikan oleh pak mahfud sendiri. Tetapi seperti yang tadi saya sampaikan presiden menghormati keinginan dari pak mahfud untuk menyampaikan secara langsung surat pengunduran diri itu,” jelasnya.

Selain itu Ari juga belum bisa memastikan pengganti dari Mahfud MD, apakah akan ditunjuk Ad Interim atau sudah ada nama yang disiapkan terkait kandidat definitif Menkopolhukam. “Kita tunggu saja arahan presiden,” kata Ari.

Pos terkait