Messi Dapat Poin Sama dengan Haaland, Koq Bisa Menang?

DEPOKPOS – The Best FIFA Football Awards adalah agenda tahunan resmi FIFA yang ditunggu-tunggu. Ajang ini mirip dengan Ballon d’Or, yaitu penentuan pemain terbaik, tim terbaik, pelatih terbaik, kiper terbaik, dan banyak kategori lainnya di dunia sepak bola dalam rentang satu tahun terakhir.

Dalam keterangan di laman resmi mereka, FIFA mengungkapkan bahwa Messi terpilih menjadi pemenang meski memiliki poin penilaian akhir sama dengan Haaland, yakni 48 poin. Kenapa begitu?

Bacaan Lainnya

Perlu diingat, untuk mendapatkan hasil akhir 48 poin, ada rumus perhitungan yang lebih dahulu dilakukan. Penghargaan FIFA Best ini dipilih langsung oleh perwakilan media, pelatih tim nasional, kapten tim nasional, dan fans dari setiap negara anggota FIFA di seluruh dunia.

Menurut aturan main FIFA, ketika ada dua atau lebih pemain yang mendapatkan jumlah suara sama, selanjutnya akan diperhitungkan jumlah suara yang didapatkan dari kapten tim nasional seluruh dunia.

Jadi, meski sama-sama mendapatkan total 48 poin, faktanya Lionel Messi lebih banyak dipilih oleh kapten tim nasional dari seluruh dunia. Haaland tidak mendapatkan suara sebanyak itu dari kapten.

Suara pilihan dari kapten tim nasional bernilai lima poin. Nah, dari skor bernilai lima poin ini, Messi mendapat 107 suara, sedangkan Haaland hanya 64 suara.

Pos terkait