Normalisasi Situ dan Kali, DPUPR Depok Terjunkan 12 Tim

DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengirimkan sebanyak 12 regu Satuan Tugas (Satgas) ke-13 titik di Kota Depok untuk fokus menormalisasi situ dan kali.

Selain pekerjaan rutin, hal ini dilakukan untuk mengambalikan fungsi penampungan air agar lebih maksimal, mengingat sudah masuk musim peralihan dari panas ke musim hujan.

Bacaan Lainnya

“Ada 12 regu satgas yang terdiri dari 120 personel yang kami sebar. Masing-masing regu memiliki 10 personel. Normalisasi dilakukan agar fungsi penampungan air lebih maksimal. Terlebih saat ini sudah masuk musim hujan,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Rabu (03/01/24).

Dikatakannya, pekerjaan dilakukan secara manual sebelum alat berat turun ke lokasi. Tidak ada target penyelesaian.

“Kami kerjakan hingga pendangkalan bisa teratasi. Artinya penampungan air bisa maksimal agar air tidak meluap ke jalan atau rumah warga,” terangnya.

Adapun, kata Citra, beberapa lokasi yang dimaksud antara lain, RT 04 RW 06 Jalan Swadaya 1 Kecamatan Sawangan, Kali Cabang Tengah Tanah Baru, Curug Bojongsari, Cimpaeun, Pangkalan Jati, Bukit Cengkeh dan Situ Pengarengan di dua titik.

“Kemudian, Jalan Rebab V Mekarjaya, Kali Dipo, Harjamukti dan Perumahan Permata Duta RW 25 Sukamaju,” ucapnya.

“Mudah-mudahan upaya ini bisa mencegah adanya banjir dan longsor karena air hujan tertuju atau ditampung maksimal di kali maupun situ,” tutupnya.

Pos terkait