Oleh-oleh Khas Depok Apa Aja Sih?

DEPOKPOS – Tak lengkap rasanya ketika liburan ke sebuah kota tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut.

Tak terkecuali bagi para wisatawan yang berkunjung ke Depok dengan destinasi wisata seperti hingga Masjid Kubah Emas hingga Trans Studio Mall.

Bacaan Lainnya

Tak sedikit yang merasa bingung apa yang menjadi oleh-oleh khas Depok. Dilansir dari berbagai sumber, inilah oleh-oleh khas Depok yang wajib anda beli untuk orang tersayang di rumah!

Dodol Belimbing

Dodol belimbing menjadi oleh-oleh khas Depok terlaris yang dioleh dari belimbing.

Dibuat dari bahan dasar buah belimbing yang direbus bersama dengan gula pasir, santan kelapa, dan tepung beras ketan, dodol belimbing memiliki rasa manis dan sedikit asam. Teksturnya kenyal dan sangat lezat.

Biskuit Tempe dan Kurma

Biskuit Temma menjadi salah satu oleh-oleh khas Depok yang unik. Temma merupakan singkatan tepung tempe dan kurma karena berbahan dasar kedua makanan tersebut.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari biskuit ini karena tepung kedelai mengandung banyak zat antioksidan dan protein sedangkan kurma kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsium.

Sirup Belimbing

Olahan lain dari buah belimbing yang cukup terkenal di Depok adalah sirup belimbing. Sirup ini rasanya sangat menyegarkan. Ada rasa manis dan asam yang membuat ketagihan.

Larisnya sirup belimbing juga dikarenakan tidak banyak merek sirup botolan dengan varian rasa belimbing yang dijual di toko-toko.

PeChoc (temPe Chocolate)

Salah satu oleh-oleh khas Depok paling kekinian adalah PeChoc atau tempe coklat. Ya, keripik tempe memang jadi camilan laris di Depok. Tapi, kadang sudah banyak yang bosan dengan citarasa keripik tempe biasa.

Makanya, banyak UMKM di Depok yang berinovasi dengan mengembangkan varian rasa keripik tempe, salah satunya adalah dengan memadukan rasa keripik tempe dengan kelezatan coklat.

Alhasil, jadilah PeChoc ini. Rasanya unik, campuran antara manis dan gurih.

Emping Melinjo

Emping Melinjo ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Kota Depok atau snack yang selalu ditemui di aneka ragam kuliner Depok.

Emping yang renyah dan gurih emang cocok banget buat camilan atau pengganti kerupuk.

Emping Melinjo Depok terbuat dari biji melinjo pilihan dan bumbu-bumbu khusus sehingga menghasilkan rasa yang sangat enak. Cocok banget buat oleh-oleh.

Keripik Tempe

Berbeda dengan keripik tempe sagu yang menjadi oleh-oleh khas Cirebon, keripik tempe khas Depok memiliki rasa lebih gurih.

Sebab sebelum di goreng, tempe telah diberi bumbu terlebih dahulu. Lapisan tepung tipis yang menyelimuti keripik juga ikut menguatkan rasa bumbu tersebut.

Dengan bentuknya yang tipis, tekstur renyahnya langsung terasa. Pilihan rasanya juga tidak hanya gurih, adapula rasa balado, bawang, serta rasa lainnya.

 

Pos terkait