Peduli Budaya Literasi, Polres Tual Distribusikan Ratusan Buku Bacaan

Kabag Ops Polres Tual Kompol Arsad Rengur mewakili Kapolres Tual menyerahkan 117 buku bacaan ke Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah di Desa Ohoitel, Kecamatan Pulau Dullah Utara. (Foto : Humas Polres Tual)

Kabartoday, TUAL – Polres Tual yang merupakan salah satu Polres jajaran Polda Maluku menunjukan dukungannya terhadap program budaya literasi yang digalakkan pemerintah.

Bentuk dukungan kegiatan tersebut diwujudkan dengan mendistribusikan ratusan buku bacaan di dua lokasi dalam wilah hukum Polres Tual.

Bacaan Lainnya

Dua lokasi yang jadi sasaran distribusi buku adalah Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah di Desa Ohoitel, Kecamatan Pulau Dullah Utara dan eks BK Dusun Un di Desa Ketsoblak, Kecamatan Pulau Dullah Selatan.

Di Pondok Pesantren Hidayatullah, Polres Tual mendistribusikan sebanyak 117 buku bacaan. Sedangkan di lokasi eks gedung BK (salah satu denominasi gereja dalam Gereja Protestan) dusun Un, sebanyak 100 buku bacaan didistribusikan.

Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiatmoko,S.I.K.

Kapolres Tual AKBP Prayudha Widiatmoko ungkapkan kegiatan distribusi buku bacaan ini merupakan bagian dari program Polri Peduli Budaya Literasi Distribusi Buku Sampai Pelosok Nusantara.

“Ada program Polri Peduli Budaya Literasi Distribusi buku sampai Pelosok Nusantara. Maka beberapa hari lalu, kita dari Polres Tual sudah distribusikan ratusan buku bacaan di dua lokasi pada wilayah hukum Polres Tual,” ujar Prayudha Jumat (22/9/2023).

Dengan pendistribusian buku bacaan ini, Prayudha berharap dapat meningkatkan minat membaca para pelajar sehingga dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang gemilang di masa yang akan datang

Ia juga menyoroti pentingnya membaca buku fisik sebagai sarana untuk menumbuhkan minat baca pada generasi muda.

Dikatakan, meskipun teknologi saat ini memungkinkan akses ke berbagai informasi melalui gadget maupun smartphone namun membaca buku fisik memiliki nilai tersendiri.

Kabag SDM Polres Tual Kompol Steavanno B Nangka bersama anak-anak usia sekolah di eks gedung BK Un, Kota Tual setelah pendistribusian buku bacaan dari Kapolres Tual

“Dengan membaca buku, anak-anak kita dapat fokus pada isi buku tersebut tanpa terganggu dengan adanya aplikasi lain seperti yang terjadi saat menggunakan gadget,” tukasnya.

Saat pendistribusian buku bacaan di Pondok Pesantren Hidayatullah, rombongan Polres Tual dipimpin Kabag Ops Komisaris Polisi Arsad Rengur yang juga diikuti sejumlah PJU Polres Tual diantaranya Kabaglog AKP Abdul Muis Rahaded, Kasat Polairud Iptu Sunardi, Kasiwas Iptu Herdiman Yunus, Kasi Propam Iptu Sunito dan lainnya.

Sedangkan saat pendistribusian 100 buku bacaan di eks gedung BK Dusun Un, Desa Ketsoblak, rombongan Polres Tual dipimpin Kabag SDM Kompol Steavanno B Nangka dan diikuti sejumlah personil Polres Tual. (IMRAN)

Pos terkait