Pengamat Puji Penampilan Cak Imin di Debat Cawapres: Santai Tapi Agresif!

Cak Imin juga dinilai berani menunjukkan sisi berbeda dirinya dengan kekuatan pemerintah, sehingga lebih menunjukan ciri khas kubu pro-perubahan

JAKARTA – Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam menilai penampilan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam debat malam ini terlihat lebih santai, berani, dan agresif.

Bahkan Cak Imin juga dinilai berani menunjukkan sisi berbeda dirinya dengan kekuatan pemerintah, sehingga lebih menunjukan ciri khas kubu pro-perubahan.

Bacaan Lainnya

“Muhaimin kali ini tampil lebih santai, lebih berani dan lebih agresif,” kata Umam dikutip dari siaran pers pada Senin (22/1/2024).

Dalam penampilan debatnya, Muhaimin melakukan sejumlah serangan terbuka, terutama pada kubu 02. Misalnya, ia mengaku kecewa pada komitmen pemerintahan Jokowi yang tidak serius dan memilih menunda pelaksanaan pajak karbon, hilirisasi ugal-ugalan, hingga devisa nikel yang sangat kecil.

Selain itu, Muhaimin juga terlihat beberapa kali berusaha memprovokasi dan memantik emosi kubu 02 untuk menyentil Prabowo, dengan menyebut adanya ketimpangan kepemilikan lahan 500 ribu hektare dibanding kepemilikan tanah rakyat yang rendah.

Muhaimin juga dinilai mencoba memprovokasi Gibran dengan menyampaikan istilah catatan Mahkamah Konstitusi.

Bahkan, ia juga terkesan langsung menyerang pribadi Jokowi dengan menyinggung tentang isu ijazah palsu hingga sindiran soal penghormatan pada masyarakat adat bukan sesederhana memakai pakaian adat saat peringatan 17 Agustus setiap tahunnya.

Dalam debat keempat pada Ahad (21/1/2024) malam, membahas isu seputar pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, serta desa.

Pos terkait