Pentingnya Kesehatan Masyarakat dengan Penyediaan Air Bersih

DEPOKPOS – Air merupakan sumber kehidupan.yang dalam penggunaanya sebagai kebutuhan sehari-hari.Oleh karena itu ketersediaan air harus mencukupi hajat hidup orang banyak. Ketersediaan air yang kurang mencukupi jika dibandingkan dengan kebutuhan air bersih akan menimbulkan krisis dan kelangkaan air yang tentu saja menyulitkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasarnya sehari -hari.

Dalam pemenuhan kehidupannya manusia memerlukan air untuk keberlangsungan hidup. Dalam Undang Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat 3 dijelaskan bahwa Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Dalam ayat ini menjelaskan air milik Negara dan pemerintah yang bertugas mengelolanya hingga layak digunakan oleh masyarakat. Dengan kata lain masyarakat dapat menggunakan air dengan sebebas-bebasnya namun harus tetap bertanggung jawab,sehingga tidak merugikan orang lain. Air yang kita gunakan sehari-hari seperti untuk memasak,mandi,dan minum haruslah memiliki kualitas yang baik agar tidak menyebabkan penyakit.

Air adalah unsur terpenting di dalam tubuh manusia. Sekitar 70% tubuh manusia unsur penyangganya adalah air. Jika manusia tidak tercukupi kebutuhan air harianya,maka tidak heran jika tubuh manusia mengalami gangguan. Dengan menggunakan air bersih kita dapat terhindar dari penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipus, cacingan, penyakit kulit hingga keracunan. Untuk itu kita harus mengonsumsi air bersih serta menjaga kebersihan lingkunganya.

Pembangunan infrastruktur dengan teknologi tinggi terkait pengelolaan air dapat meningkatkan perekonomian di suatu wilayah/daerah dan mensejahterakan warga. Dengan teknologi yang sudah lebih canggih diharapkan pemerintah da meningkatkan kualitas air bersih serta menjaga kualitas air bersih,membuat pemukiman yang layak huni serta memelihara lingkungan yang asri dan sehat.

Mengingat penyediaan air bersih merupakan suatu hal yang sangat penting maka pemerintah menggalakan penyediaan air bersih. Pemerintah RI menargetkan pada 2024 Indonesia mencapai 100% rumah tangga memiliki akses air minum layak dan 15% air minum aman.Sosialisasi mengenai informasi penggunaan air bersih juga perlu dilakukan.Dengan begitu masyarakat memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga ketersediaan air bersih. Manfaat air bagi lingkungan antara lain sebagai penyeimbang antara ekosistem air laut dan air tawar. Ekosistem air tawar membutuhkan air bersih dalam menyumbang kebutuhan tempat hidup bagi ikan serta untuk memelihara keanekaragaman hayati. Namun sebaliknya, jika kualitas air buruk maka dapat menyebabkan ikan-ikan kecil mati serta populasi ikan lainya,merusak rantai makanan,serta ekosistem air tawar menjadi tidak seimbang. Sedangkan di laut air berguna untuk menjaga populasi ikan di laut serta menjaga keanekaragaman biota laut.

Menurut Depkes RI (1982), bahwa proses penjernihan air sangat berpengaruh pada keadaan air dan keadaan musim. Air yang sangat keruh pada umumnya mudah dikoagulasi dengan baik pada musim dingin dan musim panas. Kekeruhan yang ditimbulkan oleh adanya gumpalan-gumpalan tanah liat yang terjadi pada musim dingin akan menimbulkan kesulitan dalam proses penjernihan. Karena pada musim dingin, temperatur rendah dan tanah liat mengalami kekurangan inti floc (floc nuclei). Cara untuk mengatasi keadaan tersebut, maka activated silica dan polyctrilites dalam teori Jartes terbukti ketangguhannya. Activated silica bersama filter alum sering digunakan sebagai bahan penjernih air. Salah satu tujuan pengolahan air dengan jar test adalah menghasilkan air bersih yang jernih dan tak berwarna.

Air yang layak dikonsumsi harus diteliti oleh para ahli melalui beberapa tahapan. Dengan ketentuan Air yang layak untuk dikonsumsi tidak terdapat kandungan bahan kimia beracun dan tidak memiliki kandungan logam, maka air tersebut dikategorikan sebagai air yang aman untuk dikonsumsi.Selain itu juga ada kriteria tertentu untuk mengetahui kualitas air yang baik,diantaranya seperti tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung bahan kimia.Kriteria air yang baik tersebut haruslah mengedukasi masyarakat agar masyarakat mengerti mengenai kriteria air bersih agar terhindar dari berbagai macam penyakit.Kriteria air yang aman untuk dikonsumsi tersebut adalah air yang layak dikonsumsi serta tidak mengandung zat-zat berbahaya yang membahayakan kesehatan. Maka dari itu masyarakat harus tau kriteria air yang layak untuk dikonsumsi seperti apa, agar masyarakat bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh air yang tidak layak untuk dikonsumsi.

An Nisa’ Nurul Insani
Akademi Teknik Tirta Wiyata

Pos terkait