Pentingnya Memahami Daerah Aliran Sungai

DEPOKPOS – Sungai memiliki aliran yang biasanya menjadi tanda bahwa adanya pasang surut nya air sungai. Munculnya daerah aliran sungai juga bisa menandakan bahwa sungai tersebut dekat dengan daerah laut, dan juga daerah aliran sungai yang biasanya disebut dengan arus sungai memiliki aliran yang berbeda karena arus sungai mengikuti aliran dari laut. Aliran sungai tersebut hanya ada dua tujuan yaitu ke hilir dan hulu.

Menjaga lingkungan di daerah aliran sungai kita harus melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar untuk mencegah pencemaran air. Maka dari itu masyarakat dilarang membuang sampah di sungai dan menebang pepohonan yang ada di daerah aliran sungai. Untuk menjaga lingkungan di daerah aliran sungai masyarakat juga harus menjaga pelestarian keanekaragaman hayati dengan melindungi habitatnya dan juga dilarang menangkap ikan menggunakan alat-alat yang bisa merusak ekosistem sungai misalnya dengan racun,setrum ikan dan tidak menggunakan bahan peledak di daerah aliran sungai.

Sungai sangat berguna bagi masyarakat, sungai juga biasanya digunakan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat dan perusahaan, misalnya perusahaan PDAM kota pontianak mengambil air dari aliran sungai kapuas untuk dijadikan air bersih yang berguna untuk dikonsumsi dan digunakan sebagai sumber air bersih lainya. Sungai biasanya juga digunakan masyarakat untuk tempat mencuci pakaian,mandi dll. Air bersih yang aman untuk kita konsumsi adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa ataupun tawar.

Pentingnya menjaga ekosistem di daerah aliran sungai merupakan peran penting untuk mengendalikan banjir, ekosistem atau tumbuhan yang berada di daerah alirang sungai dapat membantu menyerap dan menahan air hujan berlebih, dapat mencegah terjadinya erosi, dan mengurangi resiko banjir. Ekosistem sungai sangat penting bagi masyarakat karena merupakan sumber mata air yang bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga dan industri. Cara menjaga ekosistem sungai biasanya dengan cara memperbanyak tumbuhan atau pepohonan di daerah aliran sungai, tidak membuang sampah di daerah sungai, tidak meracuni hewani dan tumbuhan yang ada di daerah sungai dan tidak memancing ikan dengan menggunakan bahan peledak.

Bencana yang sering terjadi di daerah aliran sungai adalah bencana banjir dan tanah longsor. Cara mengatasi bencana tersebut dengan cara membuat bendungan di tepian sungai dan masyarakat dilarang buang sampah di daerah sungai dan masyarakat diminta untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan tepatnya di daerah aliran sungai. Bencana tersebut biasanya terjadi karena menumpuknya sampah di daerah sungai dan kencang nya aliran atau arus sungai .

Peran sungai bagi masyarakat sangat penting karena manusia tidak bisa hidup tanpa air. Manfaat sungai sangat banyak dan penting bagi kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sanitasi lingkungan ,industri, tempat wisata,olahraga, perikanan, sumber pembangkit tenaga listrik, sarana transportasi, mengalitri lahan pertanian,dll. Sungai juga dapat digunakan untuk sumber mata pencaharian masyarakat.

Jadi kesimpulanya, saya sebagai masyarakat yang khususnya tinggal di daerah aliran untuk belajar betapa pentingnya kita untuk selalu menjaga kebersihan ataupun menjaga ekosistem yang ada di daerah sungai tersebut. Dengan demikian kita bisa menjaga kelestarian lingkungan sekitar sungai, dan pastinya kita bisa memanfaatkan sungai tersebut dengan baik. Saya sebagai masyarakat yang khususnya tinggal di daerah aliran sungai harus berkontribusi untuk mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan sampah-sampah yang ada di daerah sungai.

Reyhan Khoirul Anwar
Program Studi Teknik Lingkungan
Akademi Teknik Tirta Wiyata Kota Magelang

Pos terkait