Pentingnya Menguasai Bahasa Asing

Pentingnya Menguasai Bahasa Asing

Oleh Ammar Isykarima, Guru Pancasila di SD Swasta Kota Depok

DEPOKPOS – “Mereka membelot dari satuannya, Brigade Mc Donald Divisi India ke 23. Berpihak kepada Republik yang baru berdiri. Ya, 19 orang serdadu itu pun mengubah haluannya di medan operasi. Tak hanya itu, kendaraan dan alat tempurnya pun juga diberikan untuk mempertahankan kemerdekaan. Tak main-main dua truk dan sejumlah senjata !”

Bacaan Lainnya

Itulah hasil ikhtiar penyiar RRI Bandung yang berujar dengan menggunakan bahasa Urdu dan Bahasa Hindi kepada serdadu Ghurka, Sikh, dan Muslim melalui siaran radionya.

Peristiwa itu terjadi pada tanggal 23 November 1945 saat pasukan sekutu yang dipimpin Inggris sudah menempati berbagai tempat strategis di Kota Bandung dengan bertujuan menduduki kembali Indonesia. Sungguh berjasa sekali penyiar itu!

Itulah salah satu manfaat kita belajar Bahasa asing. Kita bisa mengkomunikasikan banyak hal dengan Bahasa asing. Tentunya untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat.

Hal ini sesuai dengan semboyan “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing”.

Kita gunakan Bahasa asing untuk kepentingan kita, rakyat Indonesia. Dewasa ini kita bisa gunakan Bahasa asing untuk mempromosikan negeri kita tercinta Indonesia. Seperti Bahasa Inggris, Arab, China, Korea, dan lain sebagainya. Sehingga lebih banyak lagi warga global yang mengenal Indonesia. Diharapkan mereka akan tertarik kepada Indonesia.

Kita manfaatkan globalisasi sebagai peluang. Kita juga menjadi pemain dalam globalisasi ini bukan sebagai penonton belaka. Kitalah yang mempengaruhi warga dunia. Bukan warga dunia yang mempengaruhi kita. Kitalah yang mengenalkan corak ragam kebudayaan nusantara kepada dunia.

Bukan dunia yang mempengaruhi corak tingkah laku kita. Sekarang hal itu adalah sesuatu yang mudah dilakukan melalui kanal-kanal media sosial yang jaringannya tersebar ke seluruh dunia. Menjangkau pelosok-pelosok benua Asia, Eropa, Afrika, Amerika, dan Australia.

Untuk itu kepada tunas-tunas muda garuda para generasi milenial bangsa ini. Ayolah ambil peran ini! Suarakanlah tentang negeri kita kepada dunia. Sehingga tidak ada satu negeri pun yang belum mengenal Indonesia beserta keindahan budaya dan alamnya.

Ambil smartphonemu! Buatlah konten-konten yang mempromosikan nusantara dengan berbagai bahasa asing yang sudah kalian pelajari! Viralkanlah dengan menggunakan media-media sosial yang kalian punya! Itulah hal mudah yang bisa kita lakukan dalam zaman now. Guna mengharumkan nama bangsa dalam percaturan dunia!

 

Pos terkait