Proyek Rekonstruksi Jalan Haruku – Pelauw Tuntas

Ruas jalan Haruku-Pelauw setelah selesai dikerjakan.

Kabartoday, AMBON – Proyek rekonstruksi jalan Haruku – Pelauw, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah akhirnya tuntas seratus persen.

Proyek ini pada satuan kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Maluku. Dasar proyek ini adalah Inpres nomor 3 tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah.

Bacaan Lainnya

“Puji syukur atas bantuan semua pihak pembangunan rekonstruksi jalan di Haruku Pelauw melalui dana Inpres nomor 3 tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah, telah selesai 100 persen,” jelas Kepala Satker PJN Wilayah I Provinsi Maluku Ida Bagus Made Artamana, Jumat (1/3/2024) di Ambon.

Ida Bagus Made Artamana, Kasatker Wilayah I BPJN Maluku

Dia katakan proyek ini dinyatakan tuntas 100 persen pada Selasa (13/2/2024).

Proyek ini dikerjakan CV Filadelfia Jaya dengan nilai kontrak Rp. 7.451.107.000,-

Bagus beberkan sesuai kontrak sebenarnya tanggal PHO nya pada 31 Desember 2023 lalu.

PHO (Provisional Hand Over) adalah tanggal penyerahan pertama pekerjaan selesai dinyatakan dalam Berita Acara penyerahan hasil pekerjaan yang diterbitkan oleh Panitia Penerima Hasil Pekerjaan.

“Namun karena kesulitan angkutan penyeberangan berupa kapal ferri yang terbatas ke pulau Haruku, sehingga PHO nya baru dapat dilakukan pada tanggal 13 February 2024 lalu,” bebernya.

Pria asal Pulau Dewata ini tegaskan dengan keterlambatan pelaksanaan PHO ini, maka pihak penyedia jasa akan dikenakan denda keterlambatan sesuai aturan yang berlaku.

Pekerjaan ini urai Bagus adalah pekerjaan rekonstruksi jalan, dimana jalan tersebut sebelumnya rusak terkena abrasi air laut. Kemudian diperbaiki dan di tambah dimensi lebarnya.

Ruas jalan Haruku-Pelauw sebelum dikerjakan.

Jalan yang direkonstruksi ini sepanjang dua kilometer, direkonstruksi dengan menggunakan Lapis Aus Asbuton (AC-WC Asb)

Dia berharap agar proyek yang sudah selesai dikerjakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di Pulau Haruku.

Tak lupa pula ia ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi hingga pekerjaaan untuk kemaslahatan rakyat ini dapat tuntas.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi membantu pelaksanaan pekerjaan tersebut hingga dapat terselesaikan antara lain Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku yang membantu pendampingan pengamanan, juga dari Polda Maluku yang membantu pengamanan dengan menempatkan personilnya. Dari pemerintah negeri setempat, negeri Kabau, Negeri Kailolo serta negeri Rohomoni yang membantu pelaksanaan pekerjaan serta khususnya masyarakat di ketiga negeri tersebut yang membantu pelaksanaan pekerjaan. Kami mengucapkan terima kasih,  dan kami mohon maaf apabila dalam pelaksanaan ada pihak yang terganggu aktivitasnya,” ucap Bagus dengan tulus.

Bagus berharap masyarakat di Pulau Haruku dapat menjaga serta merawat jalan tersebut agar bisa berumur panjang dan bermanfaat bagi masyarakat.

Asal usul proyek ini ungkap Bagus merupakan usulan Pemprov Maluku melalui dinas PUPR setempat ke Pemerintah Pusat.

“Proyek ini merupakan usulan Gubernur Maluku bapak Murad Ismail diusulkan ke pemerintah pusat untuk ditangani dalam Inpres jalan daerah, tahap kedua tahun 2023. Dan syukur sekarang sudah selesai,” pungkasnya. (IMRAN)

Pos terkait