Rafael Alun Minta Dibebaskan dengan Dalih Berjasa untuk Negara, KPK Bilang Begini!

DEPOKPOS – Rafael Alun Trisambodo, terdakwa gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU), meminta dibebaskan dari seluruh tuntutan hukum karena mengaku sudah berjasa untuk negara.

Mantan pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan tersebut meminta majelis hakim membebaskannya dari kasus gratifikasi dan TPPU. Rafael menyebut dirinya telah banyak berjasa untuk negara.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan kuasa hukum Rafael Alun, Junaedi Saibih, dalam sidang duplik Rafael Alun di PN Tipikor Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Junaedi meminta majelis hakim menyatakan Rafael tak bersalah dalam kasus tersebut. Selain itu, dia meminta agar Rafael Alun dibebaskan dari seluruh tuntutan jaksa.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespons klaim Rafael Alun tersebut.

“Hal biasa kalau terdakwa seperti itu. Nanti majelis akan pertimbangkan,” kata juru bicara KPK, Ali Fikri, dilansir detik, Selasa (2/1/2024).

Ali meyakini klaim Rafael Alun berjasa untuk negara tidak akan mempengaruhi fakta hukum. Dia juga yakin klaim tersebut tidak akan mengganggu pembuktian jaksa terkait perbuatan Rafael Alun.

“Kami yakin klaim tersebut tidak akan pengaruhi fakta hukum yang telah diungkap dan buktikan oleh jaksa KPK,” ucapnya.

Pos terkait