Rumah Ibu Janda di Batu Merah Ambon Terbakar

Peristiwa kebakaran rumah warga di RT 001 RW 013 Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Kabartoday, AMBON – Rumah seorang ibu janda di Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau terbakar.

Peristiwa kebakaran ini terjadi Senin (2/10/2023) sekitar pukul 16.40 WIT.

Bacaan Lainnya

Rumah yang nahas itu milik ibu Arniyati Patty di RT 001 RW 013 Negeri Batu Merah tepatnya di lorong Bengkel Hamid berseberangan dengan Masjid As Syuhada. Arniyati sendiri adalah seorang janda.

Kepala Seksi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Janet S Luhukay membenarkan adanya peristiwa kebakaran rumah warga.

Ipda Janet S Luhukay, Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Iya, tadi sore ada peristiwa kebakaran satu rumah warga di Batu Merah,” ujar Janet Senin (2/10/2023).

Nihil Korban

Dari peristiwa ini, perwira polisi jebolan Sekolah Inspektur Perwira (SIP) angkatan 51 tahun 2022 ini ungkapkan tidak ada korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa baik luka maupun meninggal. Hanya kerugian material beberapa perabot rumah tangga yang terbakar,” ungkapnya.

Ia rincikan perabot rumah tangga yang terbakar antara lain satu TV LED merk Samsung, satu mesin cuci 15 kg merk Panasonic, satu DVD merk Toshiba, kursi sofa serta lemari yang berisi pakaian.

Kronologis

Janet beberkan kronologis kejadian ini menurut keterangan dari dua saksi yaitu Reza Prima Jaya (25) dan Aditya Nurainun Qalbu (20). Keduanya warga setempat.

“Saat itu saksi Reza baru selesai melaksanakan sholat ashar di Masjid As Syuhada yang berseberangan dengan TKP,” bebernya.

Usai sholat, saksi Reza kemudian duduk di teras Masjid untuk beristirahat. Tiba-tiba saksi melihat ada kepulan asap Hitam keluar dari celah-celah bumbungan rumah.

Beberapa saat setelah keluar asap, saksi melihat kobaran api melalap rumah tersebut. Kemudian saksi berteriak ada kebakaran. Dalam sekejap, sejumlah warga datang ke lokasi dan berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Sementara menurut saksi Aditya Nurainun Qalbu (20) seorang mahasiswi katakan saat kejadian tersebut, dia sedang beristirahat sambil berbaring di dalam kamarnya.

“Saat itu saksi sedang baring-baring di dalam kamarnya. Tiba-tiba saksi merasa ada hawa panas dalam kamarnya,” jelas Janet.

Bukan saja merasa panas, tetapi saksi juga melihat ada asap hitam masuk ke dalam kamar saksi.

Saksi kemudian melihat lewat jendela ke arah rumah sebelah. Saksi terkejut karena melihat ada gumpalan asap serta kobaran api dari rumah tersebut.

Selanjutnya saksi bergegas cepat keluar dari kamarnya dan kemudian meminta bantuan warga untuk membantu memadamkan api.

Sekitar pukul 17.30 WIT tiga mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemkot Ambon tiba di lokasi untuk memadamkan api. Namun saat armada damkar tiba, warga sekitar sudah berhasil menjinakkan api terlebih dahulu.

Personil Polsek Sirimau di lokasi kebakaran.

Sejumlah personil Polsek Sirimau baru tiba sekitar pukul 18.00 WIT. Mereka dipimpin wakapolsek Sirimau Ipda Eddy Risakotta. Mereka langsung mengamankan lokasi kebakaran.

Pukul 19.30 WIT petugas PLN tiba di lokasi kejadian. Selanjutnya mereka melakukan perbaikan instalasi listrik di rumah tersebut.

Penyebab Kebakaran

Ipda Janet jelaskan dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran karena korsleting atau hubungan arus pendek listrik di rumah korban.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran karena adanya hubungan arus pendek listrik,” jelas Janet.

Ia katakan, pasca kejadian kebakaran tersebut, situasi di sekitar TKP terpantau dalam keadaan aman terkendali. (IMRAN)

Pos terkait