Sambut HUT Polairud ke-73 di Jepara Diwarnai Aksi Tanam Mangrove Hingga Bersih-Bersih Pantai

KABARTODAY,JEPARA |  Jajaran Polairud Polres Jepara melaksanakan kegiatan bakti sosial mageri segoro, penanaman ratusan bibit pohon mangrove dan bersih-bersih pantai di pesisir pantai Prawehan Bandengan Kecamatan/Kabupaten Jepara Kota, Sabtu (25/11/2023).

Kegiatan penanaman bibit pohon mangrove tersebut dihadiri langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Petinggi Desa Bandengan Sumadi beserta perangkat desa, pejabat utama Polres Jepara, perwakilan TNI AL, perwakilan Basarnas Jepara, Komunitas Relawan, Paguyuban Wisata, Relawan SAR, pelaku usaha perhotelan dan warga masyarakat Desa Bandengan.

Saat ditemui usai kegiatan, Kapolres Jepara menyampaikan, bahwa kegiatan kegiatan bakti sosial mageri segoro, penanaman 500 bibit pohon mangrove dan bersih-bersih pantai ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Polairud yang ke – 73 yang jatuh pada tanggal 1 Desember 2023.

Selain itu, melalui kegiatan ini Satuan Polairud Jepara juga ingin berpartisipasi dalam melestarikan alam melalui perbaikan hutan mangrove di wilayah tersebut.

“Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan hari jadi Polairud yang ke-73 dimana beberapa waktu lalu kita menggelar tabur bunga dan bakti sosial kepada nelayan serta pagi hari ini kita menggelar penanaman bibit pohon mangrove sebagai bagian dari komitmen kita untuk senantiasa mendukung upaya pelestarian alam dan aktif berkontribusi dalam mempertahankan keanakeragaman flora dan fauna di indonesia,” ujar AKBP Wahyu.

Ditambahkannya, bahwa upaya penanaman bibit mangrove di daerah pesisir pantai Prawehan ini bertujuan untuk pelestarian hutan bakau atau mangrove di Desa Bandengan Kabupaten Jepara, mengingat tanaman mangrove sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya erosi dan juga menjadi tempat berkembang biak ikan maupun kepiting bakau yang ada di pesisir.

Kapolres juga mengajak warga masyarakat untuk senantiasa melakukan upaya pelestarian hutan Mangrove, dimana keberadaan hutan mangrove di pesisir pantai memiliki banyak manfaat bagi warga masyarakat.

Ditempat yang sama, Petinggi Desa Bandengan Sumadi mengucapkan, apresiasi kepada Satuan Polairud Polres Jepara yang telah berpartisipasi melakukan penanaman pohon mangrove dan pembersihan Pantai dimana suatu aksi yang sangat bermanfaat untuk manusia.

“Kami mengucapkan HUT Polairud ke-73, Polri tetap semangat dan terus semangat sukses selalu untuk jajaran Satpolairud Polres Jepara,” ujarnya.

Sementara salah satu warga Desa Bandengan bernama Kisworo (45), menyambut baik kegiatan penanaman bibit mangrove dan bersih-bersih pantai oleh Satpolairud Polres Jepara. “Kami sampaikan terima kasih atas penanaman saat ini, karena ini sangat membantu masayarakat,” ujarnya.

(Khnza Haryati)

Pos terkait