UI Perbanyak Mitra Global, Kembangkan Kerja Sama Program Internasional dengan Korea University

DEPOK – Setelah sebelumnya sukses berkolaborasi dalam pertukaran pelajar, Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar pertemuan bersama Korea University (KU) untuk membahas dan mengembangkan kerja sama, khususnya program internasional, riset, dan mobilitas pelajar. Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Universitas dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D., menyambut langsung Vice President for International Affairs, Prof. Sang Kee Song beserta delegasi di Pusat Administrasi Universitas, Kampus UI Depok, Jawa Barat.

“Kami percaya dan berharap bahwa pertemuan hari ini akan menjadi titik awal kolaborasi yang lebih kuat dan lebih luas antara kedua universitas,” ujar dr. Agustin. Dalam sambutannya tersebut, dr. Agustin juga memaparkan program-program internasional yang telah dilakukan UI dengan berbagai mitra universitas lainnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Vice President for International Affairs, Prof. Sang Kee Song menyampaikan, tujuan mengunjungi UI untuk memperkuat dan mempertahankan hubungan antara kedua universitas dalam hal mobilitas siswa dan kolaborasi program internasional. Melalui pertemuan ini, dr. Agustin memiliki beberapa gagasan kolaborasi yang lebih signifikan selain pertukaran pelajar, seperti internship, program kerja sama dengan industri pada semua sektor untuk mendapatkan pekerjaan dan pengalaman di industri di Indonesia.

Ia membagikan pengalaman terkait kerja sama UI dengan perguruan tinggi lain, di antaranya untuk internship program seperti antara UI dan perguruan tinggi dari Jepang. Mahasiswanya melakukan magang di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia selama dua minggu, bekerja sama dengan pelajar UI, dan mitra industri UI.

“Pada akhir program, pelajar harus menunjukkan perspektif dari pelajar Jepang dan dari pelajar Indonesia. Hal ini sangat menarik, karena mereka memiliki budaya yang berbeda, sehingga dapat merasakan langsung bagaimana budaya lokal di Indonesia,” ujar dr. Agustin.

Hal tersebut ditanggapi positif oleh Prof. Sang Kee Song. Menurutnya, dalam kerja sama program internship UI dan Korea University, selain belajar di kampus, mahasiswa juga magang bekerja. “Mungkin kami bisa menggabungkan mobilitas pelajar dan program internasional melalui mitra industri Korea di Indonesia yang bekerja sama dengan UI. Sangat menarik untuk kita lebih memperluas kolaborasi ini,” kata Prof. Sang Kee Song.

Kerja sama antara dua perguruan tinggi ini diharapkan meluas hingga ke aspek lain di luar bidang akademik, seperti melibatkan industri dalam riset. Diskusi potensi kerja sama ini akan terus berlanjut berdasarkan komitmen yang dimuat dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada 2019.

Pertemuan UI dan Korea University yang dilaksanakan pada Jumat (12/01) lalu dihadiri oleh Kepala Kantor Urusan Internasional, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D; Kepala Center for Independent Learning (CIL), Fransiskus Astha Ekadiyanto, S.T., M.Sc; Kasubdit Kerja Sama Proyek Strategis, Direktorat Kerja sama UI, Aswin Dewanto Hadisumarto, S.E., M.I.A dan Koordinator Bidang Administrasi Pelayanan Masyarakat dan Inovasi Fakultas Kedokteran, Dr. med. dr. Nyityasmono Tri Nugroho, Sp.B. Sementara itu, delegasi dari Korea University yang turut hadir bersama Prof. Sang Kee Song yakni, Vice President for Research Affairs, Prof. Heon Jeong Lee.

Pos terkait